Wisata Air Terjun di Malang

Destinasi wisata air terjun menjadi sangat populer di beberapa tahun terakhir ini dan Malang menjadi kota pilihan sebagian besar wisatawan untuk berekreasi.

Hal tersebut membuat wisata air terjun di Malang menjadi objek wisata yang paling diminati pengunjung lokal hingga mancanegara.

Apabila Anda merencanakan untuk berwisata ke tempat wisata alam seperti air terjun, sebaiknya Anda mempersiapkan pakaian ganti karena sulit Anda akan untuk menolak bermain air demi mendapatkan hasil foto yang bagus.

Pilihan wisata air terjun di Malang cukup banyak, namun berikut akan dibagikan sedikit ulasan wisata air terjun di Malang yang menjadi air terjun paling favorit di kalangan wisatawan.

Coban Rondo

Coban Rondo
Coban Rondo

Perjalanan dari pusat kota Malang ke lokasi air terjun Coban Rondo dapat ditempuh dengan mengendarai kendaraan pribadi selama 1 jam.

Selama perjalanan Anda akan disuguhkan nuansa alam yang hijau dan sejuk. Rute yang dilalui tidak lah sulit. Pengunjung dapat mengikuti instruksi atau petunjuk dari aplikasi peta yang tersedia di ponsel pintar Anda.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar 30 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 35 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara.

Tidak ada jam operasional di tempat wisata ini. Pengunjung bebas kapan saja mengunjungi objek wisata ini.

Anda dapat berjalan kaki sekitar 300 meter dari pintu masuk menuju lokasi air terjun. Dari kejauhan Anda sudah bisa mendengar suara gemuruh air.

Selama berjalan kaki, akan ada banyak monyet yang akan menemani Anda dan monyet-monyet ini cukup jinak. Jadi Anda tidak perlu takut.

Anda tetap perlu berhati-hati saat bermain di dekat air terjun karena aliran air terjun yang cukup deras dan bisa membahayakan nyawa.

Tersedia juga jagung bakar dan kopi hangat yang disediakan oleh warung-warung sekitar lokasi air terjun.

Terdapat beberapa wahana lainnya seperti labirin, arena memanah, paint ball, dan lainnya.

AlamatJl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
Jam Buka24 Jam
MapsKlik Disini

Coban Rais

Coban Rais
Coban Rais. Foto:@helmi.ls

Berada di Jalur Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-oro, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata Coban Rais cukup terkenal dan menjadi bahan pembicaraan dari mulut ke mulut karena keindahan air terjunnya dan hijaunya alam.

Jika Anda mendengar deburan air terjun yang jatuh dengan suara burung yang menyatu dengan alam, Anda akan merasa rileks dan tenang.

Nuansa alam ini mampu meringankan beban stres yang Anda bawa selama seminggu Anda bekerja.

Sebelum berangkat sebaiknya Anda mempersiapkan baju hangat dan minuman hangat dalam termos kecil yang mudah dibawa. Udara yang sejuk dan temperatur yang dingin akan menyambut Anda saat Anda tiba di sana.

Air terjun Coban Rais ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter dan Anda diperbolehkan membawa kamera DSLR, GoPro, maupun drone untuk mengabadikannya. Namun akan ada tambahan biaya yang dikenakan.

Jika membawa DSLR akan dikenakan tambahan biaya Rp 15.000,- jika yang dibawa GoPro maka tambahan biaya sebesar Rp 10.000,- dan apabila drone maka biaya tambahannya adalah Rp 75.000,-.

Selain air terjun, Coban Rais memiliki wahana lainnya seperti hammock tower, ayunan, sepeda udara, bukit bulu, dan paragliding.

Tempat wisata Coban Rais memiliki Jam operasional mulai dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore WIB. Tarif tiket yang dikenakan untuk masuk ke Coban Rais adalah sebesar Rp 10.000,- saja.

AlamatJalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316
Jam Buka07.00 – 15.00 WIB
MapsKlik Disini

Coban Pelangi

Coban Pelangi
Coban Pelangi. @anjasmara_dk

Coban pelangi ini terletak di dua tempat. Yang pertama terletak di Ngadas, Poncokusumo, Malang, dan yang ke dua terletak di Pronojiwo Lumajang, Jawa Timur.

Air terjun Coban Pelangi ini berada tepat di kaki gunung Semeru di ketinggian 1400 mdpl.

Untuk tarif tiket masuk dikenakan 15 ribu rupiah per orang.

Untuk mencapai lokasi air terjun Anda harus berjalan sejauh 1 kilo meter dari pintu gerbang Coban Pelangi.

Rute yang harus Anda lewati agak sulit ketika Anda harus melewati sisi tebing yang memiliki kemiringan hampir 45 derajat. Anda akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendaki tanjakan tersebut.

Ditambah lagi bila Anda berniat untuk berkemah dengan membawa banyak perlengkapan, perlu adanya latihan fisik terlebih dahulu sebelum Anda memulai petualangan seru Anda.

Namun jangan menyerah, karena keindahan air terjun ini sebanding dengan usaha yang harus dilalui.

Ketika Anda melihatnya Anda akan terpukau dengan keindahan air terjun yang dikelilingi hijaunya pegunungan. Hal ini yang akan membuat Anda semakin betah di sana.

AlamatDusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur 65157
Jam Buka07.00 – 16.00 WIB
MapsKlik Disini

Coban Nirwana

Coban Nirwana
@yoiki_malang

Coban Nirwana yang mempunyai nama lain Coban Gedangan akan memanjakan mata dan pikiran Anda, saat Anda melihatnya secara langsung.

Bebatuan di Air terjun ini menjadi spot foto favorit karena curah air terjun yang tidak terlalu deras namun memberi kesan menyatu dengan alam.

Lokasi air terjun ini tidaklah jauh dari pusat kota Malang. Hanya dengan 1 jam perjalanan saja, Anda akan tiba di Kecamatan Gedangan.

Kemudian dari sini akan terdapat banyak papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda menuju Coban Nirwana.

Apabila Anda merasa tersesat, cobalah bertanya kepada penduduk sekitar.

Tarif tiket untuk masuk ke Coban Nirwana hanya lima ribu rupiah saja. Karena tempat wisata ini adalah tempat wisata baru maka perlu dimaklumi jika fasilitas belum sepenuhnya lengkap.

Sebelum menuju ke sini, Anda sebaiknya menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah karena belum banyak penjual yang berjualan.

Tapi perlu diingat untuk menjaga kebersihan selalu agar air terjun ini tetap asri saat Anda datang untuk yang kesekian kali.

AlamatGedangan, Krajan Lor Gedangan, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178
Jam Buka24 Jam
MapsKlik Disini

Coban Gintung

wisata air terjun di malang
Coban Gintung. Foto:@diokc

Air terjun yang terakhir disebutkan ini memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda dengan air terjun lainnya.

Coban Gintung terkenal dengan nuansa lingkungannya yang akan membuat Anda merasa kembali ke jaman purba.

Lokasinya yang berada agak jauh dari pusat kota Malang tidak membuat air terjun Coban Gintung ini sepi dari wisatawan.

Jarak yang harus ditempuh dari pusat kota malang yaitu 75 kilometer ke arah Gondanglegi lalu ke Turen, ke Tirtoyudo dan ke Ampel Gading.

Dari Ampel Gading, Anda akan menuju Coban Sewu dan dilanjut ke Desa Sidorenggo dan temukan papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda menuju lokasi air terjun Coban Gintung ini.

Tarif tiket masuk ke objek wisata ini yaitu 5 ribu rupiah saja dengan tarif parkir motor 5 ribu rupiah juga dan parkir mobil dikenakan 10 ribu rupiah.

Coban Gintung dikenal dengan kemurnian alamnya yang menyejukkan mata dan pikiran setiap pengunjung yang melihatnya.

Air terjun yang lebih landai ini membuat kesan air terjun Coban Gintung tampak seperti berada di jaman purba.

Namun ungkapan yang disampaikan tersebut menunjukkan bahwa Coban Gintung tampak masih asli seperti belum pernah terjamah manusia.

Air terjun yang telah disebutkan di atas memiliki keunikan tersendiri dengan keindahan yang sama-sama mengagumkan dan harus tetap dirawat dan dilestarikan keindahannya.

AlamatArea Wasah/Kebun, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur 65183
Jam Buka07.00 – 18.00 WIB
MapsKlik Disini

 

Leave a Comment