Tempat Wisata di Lembang Bandung

Mengunjungi Bandung tak akan lengkap tanpa melihat kawasan wisata di sekitarnya. Lembang misalnya, kawasan ini sudah sejak dulu dikenal punya objek wisata alam yang menarik dan terbaru.

Lembang sendiri merupakan kecamatan yang terletak di Bandung Barat dengan jarak 22 kilometer dari ibukota kabupaten, yakni Bandung Barat. Daerah ini juga menjadi kecamatan paling timur dan paling terkenal sebagai destinasi wisata.

Berada di dataran tinggi, tak heran jika wisata di Lembang Bandung punya pesona tersendiri bagi masyarakat sekitar. Beberapa objek wisata baru di Lembang berikut ini bisa memberi Anda rekomendasi Tempat Wisata di Lembang Bandung di akhir pekan.

Wisata Alam The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya Lembang
The Lodge Maribaya Lembang
AlamatJalan Maribaya No. 149/252 Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka07.00 – 17.00 WIB
MapsKlik Disini

Objek wisata di Lembang Bandung pertama adalah The Lodge Maribaya, yang menawarkan ragam fasilitas liburan menarik. Sebut saja area kemah, pendakian hutan pinus, area gathering dan team building hingga wisata kuliner.

Lokasi ini terbilang tepat bagi Anda yang ingin rehat sejenak, namun di tempat yang tidak terlalu jauh. Beberapa area juga dibangun khusus dengan latar alam yang menarik, terutama di hutan pinus. Udara bersih yang sejuk akan memberi pesona berbeda sebagai wisata alam.

Tak hanya gathering, pengelola juga menyediakan area untuk pernikahan maupun prewedding. Konsep ini sesuai bagi Anda yang senang dengan konsep alam dengan resepsi outdoor.

The Lodge Maribaya juga punya banyak wahana dan fasilitas memadai yang bisa menjadi pilihan. Meski, beberapa hanya diperuntukkan sebagai objek foto bukan sebagai lahan bermain. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

  • Balon Udara

Replika balon udara misalnya, wahana ini memungkinkan pengunjung masuk di bawah balon udara raksasa. Meski hanya replika, mengambil gambar pada sudut yang tepat akan menghasilkan foto yang menarik di sini

  • Ayunan

Spot favorit kawula muda adalah ayunan sepasang. Ayunan dipasang di ketinggian bukit yang memungkinkan pengunjung duduk di atasnya. Tapi tenang saja, karena keamanan di setiap wahana dijamin oleh pengelola.

Lokasi The Lodge Maribaya berada di Jalan Maribaya Babakan, Gentong Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Objek wisata ini buka sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Rekreasi Ala Eropa di Farmhouse

Farm House Lembang
Farm House Lembang. @farmhouselembang
AlamatJl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka09.00 – 18.00 WIB
MapsKlik Disini

Wisata yang ada di Lembang berikutnya adalah Farmhouse yang berada di jalan utama Bandung-Lembang. Sejak pertama dibuka, Farmhouse nyaris tak pernah sepi pengunjung.

Dibuka sejak tahun 2015, Farmhouse merupakan wisata alam dengan konsep Eropa. Ada banyak bangunan, kebun, hingga fasilitas pendukung lainnya dengan gaya Eropa.

Sebut saja rumah salah satu tokoh film populer The Lord of The Rings, yakni Hobbit. Rumah kaum kerdil tersebut dibangun di antara bukit dan berjejer rapi.

Tak hanya itu, Anda bisa menyewa pakaian adat khas Eropa dan bergaya di pelbagai sudut wisata. Biaya sewa dibanderol Rp 75.000/jam.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi taman bunga dan cafe dengan desain klasik di antaranya. Harga yang murah serta suasana nyaman akan membuat Anda dan keluarga betah di sini.

Penginapan Tengah Hutan di Grafika Cikole

Grafika Cikole
Grafika Cikole
AlamatJalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Telp(022) 82782441
MapsKlik Disini

Pertama kali didirikan, Grafika Cikole ditujukan sebagai penginapan dan restoran. Seiring waktu, kemudian dikembangkan menjadi objek wisata karena potensi alamnya yang menjanjikan.

Pemerintah setempat kemudian menambahkan banyak fasilitas penunjang yang memungkinkan pengunjung berwisata dengan nyaman. Penginapan di tengah hutan pinus adalah salah satu nuansa yang diberikan.

Beberapa fasilitas tersebut ialah outbound, lintasan ATV, wisata kebun, flying fox hingga paint ball. Grafika Cikole berada di ketinggian 1400 mdpl yang dikelilingi pohon pinus.

Udara dingin terutama di malam hari bisa menyentuh suhu 25 derajat hingga yang terendah mencapai 6 derajat Celsius. Terdapat perapian dan deretan lampu yang menambah suasana hangat dan tenang di malam hari.

Menikmati alam di Grafika Cikole relatif murah, hanya sebesar Rp 25.000 untuk tiket masuk reguler. Sementara untuk penginapan relatif mulai dari kisaran ratusan hingga jutaan termasuk paket liburan.

Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Lembang
Dusun Bambu Lembang
AlamatJl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551
Telp081563808021
MapsKlik Disini

Tempat Wisata di Lembang Bandung berikutnya adalah Dusun Bambu Family Leisure Park yang terletak di Jl Kolonel Masturi, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tak serupa namanya, Dusun Bambu pada dasarnya adalah penginapan alam dengan hamparan danau di sekitarnya.

Lokasi strategis yang tak jauh dari pusat kota membuat objek wisata ini termasuk yang paling populer bagi warga kota. Sejak awal beroperasi pada tahun 2014, Dusun Bambu banyak menyita atensi karena suasana sejuk dan pemandangan yang memukau.

Konsep yang diusung adalah ekowisata yang jelas mengutamakan konservasi alam serta pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat setempat. Selain penginapan, yang juga menonjol adalah area kuliner berupa restoran dan taman terbuka.

Dusun Bambu adalah wisata yang menarik untuk keluarga, untuk anak termasuk pasangan. Resort dan café punya fasilitas memadai juga wahana bermain outdoor yang menyenangkan. Desain taman juga tertata apik dan sangat cocok menjadi spot foto untuk media sosial.

Tak jauh dari tempat parkir, Anda bisa menyusuri sawah lengkap dengan gazebo sebagai area peristirahatan yang tersedia gratis. Selain itu, harga tiket masuk per orang murah meriah, hanya sebesar Rp 30.000 untuk reguler.

Wisata Edukasi Jendela Alam

Tempat Wisata di Lembang Bandung
Jendela Alam Bandung
AlamatKomplek Graha Puspa, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
Jam Buka08.30 – 17.30 WIB
MapsKlik Disini

Jendela Alam Bandung termasuk dalam wisata terfavorit di kawasan Lembang dan sekitarnya. Lokasinya berada di Komplek Graha Puspa, Cihideung, Porongpong, Kabupaten Bandung Barat. Objek wisata ini menggunakan konsep edukasi wisata yang diperuntukkan bagi keluarga.

Oleh karena itu, banyak kegiatan produktif yang bisa dilakukan selama berada di Jendela Alam. Harga tiket masuk yang dibanderol cukup terjangkau yakni Rp 20.000 untuk weekday dan Rp 25.000 untuk weekend.

  • Bercocok Tanam

Bercocok tanam menjadi kegiatan favorit banyak pelancong di kawasan wisata ini. Pengunjung juga akan diberikan alat pendukung seumpama benih sayur, sekop, wadah untuk menyiram hingga pupuk. Sejumlah pegawai juga akan membantu mengarahkan.

Bersamaan dengan praktek yang diberikan, petugas juga akan memberikan edukasi perihal mekanisme bercocok tanam yang sesuai, termasuk jenis tanaman yang baik digunakan tergantung kondisi lingkungan.

  • Memanen Buah

Aktifitas edukatif lainnya adalah memanen hasil buah yang membolehkan pengunjung membawa pulang buah tersebut. Ini merupakan salah satu program perkebunan yang disajikan pihak Jendela Alam untuk memikat pengunjung.

  • Bercocok Tanam Terarium

Selain bercocok tanam dengan metode konvensional, pengelola juga menyediakan cocok tanam terarium atau dengan media tanam arang sekam. Pengunjung akan diberikan buah huartia, arang sekam serta satu pot untuk mempraktekkan secara langsung.

  • Mengenal Binatang

Meski bukan pada skala besar, Jendela Alam memelihara sejumlah hewan jinak yang dimungkinkan untuk berinteraksi dengan pengunjung. Termasuk untuk memberi makan, bermain sekaligus mengenalkan jenis hewan baru dengan metode yang menyenangkan.

Nah, beberapa rekomendasi Tempat Wisata di Lembang Bandung di atas patut masuk dalam kunjungan wisata Anda di akhir pekan. Ada baiknya untuk tetap mengantisipasi kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan selama masa pandemic Covid-19.

Leave a Comment