Tempat Wisata di Jogja

Jogjakarta saat ini merupakan salah satu destinasi utama ketika wisatawan akan menghabiskan masa-masa liburannya dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja. Terbukti setiap akhir pekan, atau saat long weekend, selalu dipenuhi dengan kendaraan dari luar kota.

Dengan semakin bertambahnya hotel-hotel baru di Jogja tiap tahunnya juga menunjukkan bagaimana Yogyakarta mempersiapkan diri untuk menyambut para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menikmati kota ini.

Banyak sekali lokasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, dan tentunya Anda harus mempersiapkan secara detail lokasi-lokasi mana saja yang masuk sebagai rencana tujuan wisata Anda.

Dari data Dinas Kepariwisataan Jogjakarta tahun 2018, obyek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta tercatat sejumlah 185 obyek wisata, yang meliputi Obyek Wisata Alam, Obyek Wisata Budaya, Obyek Wisata Buatan, serta Desa / Kampung Wisata.

Sehingga, selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga patut menyandang sebagai Kota Wisata.

Nah, dibawah ini beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kota ini

1. Kraton Yogyakarta

Kraton Jogjakarta
Kraton Jogjakarta

Kerajaan Kraton Yogyakarta didirikan oleh Pangeran Mangkubumi, yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Kraton ini lah yang merupakan embrio dari sejarah Yogyakarta. Sehingga bicara tentang Jogja maka tak bisa dilepaskan dari peran Kraton.

Bangunan inti dari Kraton Yogyakarta Hadiningrat masih berdiri dengan megah di pusat Kota Jogja, tepatnya berada di sebelah selatan dari Malioboro. Sehingga sangat mudah bagi para wisatawan untuk bisa mengunjunginya.

Kraton Jogjakarta yang memiliki luas kurang lebih 14.000 m persegi, saat ini masih berfungsi dengan baik, dan digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta keluarga. Dan berbagai acara adat turun temurun masih sering dilakukan di area Kraton.

2. Candi Prambanan

Candi-Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan atau juga sering disebut sebagai Candi Roro Jonggrang dibangun pada abad ke 9 masehi. Merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia.

Candi ini termasuk salah satu candi yang sudah dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, terletak di Kecamatan Prambanan, kurang lebih 17km dari Kota Jogja.

Obyek wisata ini menjadi salah satu tujuan wisatawan ketika berkunjung ke Jogja

3. Kebun Binatang Gembira Loka

gembira loka burung
Koleksi Gembira Loka. Foto @Amadea

Kebun Binatang yang didirikan pada tahun 1959 ini menjadi daya tarik tersendiri. Dengan koleksi satwa yang terbilang lengkap, Gembira Loka bisa dijadikan sebagai ajang wisata edukasi mengenal flora dan fauna.

Terletak di pusat Kota Jogja, memudahkan para wisatawan untuk mengunjunginya dengan moda transportasi apapun.

Berbagai wahana dan atraksi dari beberapa hewan yang telah terlatih siap untuk menghibur Anda, maka pastikan Anda mengetahui jadwal dari beberapa atraksi hewan tersebut.

4. Goa Pindul

goa pindul jogja alamat
Goa Pindul Jogja

Goa Pindul Jogja merupakan salah satu wisata gua yang sedang viral di daerah Yogyakarta, bertempat di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta.

Jangan kaget apabila saat Anda mengunjunginya, Anda harus mengantre lumayan panjang, terutama saat puncak hari libur.

Daya tarik utamanya adalah Anda bisa menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit di goa-goa yang terbentuk ribuan tahun silam dengan durasi cukup lama.

 

Leave a Comment