Tempat Wisata Di Jawa Timur Yang Terkenal

Menyebut destinasi wisata di Indonesia, orang-orang mungkin akan lebih mengingat Bali, Lombok atau Labuan Bajo. Ketiga lokasi tersebut merupakan referensi tempat wisata alam paling terkenal, terutama di mancanegara.

Namun taukah Anda? jika Jawa Timur juga memiliki sederet lokasi wisata menjanjikan dengan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Kawasan ini juga tersebar di pelbagai daerah di Indonesia seperti Malang, Surabaya, Madura hingga Banyuwangi.

Sebagai rekomendasi, kami akan mengulas sejumlah daftar tempat wisata yang menarik dan paling hits di Jawa Timur untuk referensi liburan di akhir pekan Anda bersama keluarga.

Melihat Sunrise di Taman Nasional Bromo Tengger

Sunrise Wisata Gunung Bromo
Sunrise Wisata Gunung Bromo

Masyarakat Jawa sudah pasti tak asing dengan Taman Nasional Bromo Tengger. Objek wisata yang terletak tak jauh dari Kabupaten Lumajang ini memiliki bentang barat-timur sejauh 20-30 kilometer.

Daya tarik utamanya ialah lautan pasir kaldera dengan luas lebih dari 6 ribu hektar. Batas lautan pasir tersebut, bahkan terdiri dari dinding terjal dengan ketinggian 200 hingga 700 meter. Dinding Taman Nasional Bromo juga memiliki banyak rerumputan, cemara dan akasia.

Keindahan alam ini pula, yang membuat Bromo kemudian dinobatkan sebagai Taman Nasional pada tahun 2005 oleh pemerintah. Selain keunikan kaldera, letaknya sebagai gunung berapi aktif dengan laut pasir vulkanik menjadi ciri tersendiri.

Maka tak heran, jika Bromo menjadi tujuan destinasi wisata paling dicari para pelancong kala mendatangi Jawa Timur. Selain itu, Kementerian Pariwisata juga menobatkannya sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Sedangkan khusus daerah Tengger, telah dilindungi pemerintah sejak tahun 1919 dan dipercaya sebagai satu-satunya lahan konversi di Indonesia, atau mungkin dunia. Selain panorama, terdapat lebih dari 24 spesies burung, 11 mamalia, 1 reptil dan 2 jenis serangga yang dilindungi.

Waktu terbaik untuk menikmati panorama di Taman Nasional Bromo adalah saat matahari terbit dari puncak gunung. Anda, akan seolah berada di atas awan dari tempat wisata terindah di Jawa Timur.

Jurassic Park Ala Jawa Timur Park 3

tempat wisata di jawa timur jatim park 3
Jurassic Park Ala Jawa Timur Park 3

Berikutnya adalah Jatim Park 3, yang merupakan rangkaian dari Jatim Park di Kota Batu. Konsep yang diusung objek wisata ini mungkin akan mengingatkan Anda dengan film Jurassic Park.

Menghadirkan kehidupan dinosaurus dengan nuansa zaman pra sejarah yang elok namun berkesan. Hidup dengan dinosaurus, menjadi landasan ide untuk pembuatan Jatim Park 3.

Ditunjang dengan teknologi tinggi, Jatim Park 3 menghadirkan tiga zona utama yakni museum musik, museum patung lilin dan yang paling populer yakni taman dinosaurus. Letaknya pun tak jauh dari Jatim Park 1 dan Jatim Park 2.

Terdapat puluhan replika dinosaurus serta hewan pra sejarah lainnya yang ditampilkan di sini. Sensor yang memungkinkan robot untuk bergerak sekaligus mengeluarkan suara serupa hewan aslinya.

Jatim Park 3 berada tepat di Jalan Raya Insinyur Soekarno, Kota Batu, Jawa Timur. Jika berminat menikmati suasana alam dengan konsep yang berbeda, Anda bisa mengunjunginya dengan biaya sebesar RP75.000 untuk weekday dan Rp100.000 untuk akhir pekan.

Taman Bungkul Tengah Kota

Taman Bungkul Surabaya
Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul untuk sebagian orang mungkin menjadi tempat wisata yang jarang dikunjungi. Taman ini, berbentuk oval dengan luas taman 10.000-meter persegi. Meski sederhana, Taman Bungkul bisa menjadi alternatif wisata yang murah.

Selain bangku taman, terdapat area jogging yang sangat nyaman bagi pengunjung segala usia. Lahan hijau, pepohonan rindang dan udara yang sejuk bisa membantu melepas penat dari aktifitas yang padat.

Taman ini telah dibangun sejak tahun 2006 lalu, dan kini memiliki banyak pohon besar yang menjulang. Untuk menuju lokasi, Anda dapat menggunakan transportasi pribadi maupun umum yang tersedia.

Tak hanya pohon, beberapa taman hias juga memberi kesan sejuk dilengkapi kolam dan air mancur di bagian tengah. Air mancur tersebut, bahkan memiliki cahaya ketika malam hari.

Sebagai taman kota, kawasan ini memberi fasilitas penunjang bagi semua kalangan terutama kawula muda sebut saja fasilitas skateboard, dan arena sepeda. Maka jangan heran, jika tempat ini juga kerap digunakan untuk berkumpul sejumlah komunitas.

Pemerintah setempat yang turut menyediakan sarana bagi penyandang disabilitas juga menjadi keunggulan tersendiri. Taman Bungkul adalah sarana relaksasi yang ramah bagi semua kalangan, termasuk bagi kaum lanjut usia.

Wisata Edukasi di Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1
Jawa Timur Park 1

Jatim Park 1 adalah generasi pertama dari tiga rangkaian taman hiburan Jatim Park yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Berbeda dengan dua lainnya, taman hiburan ini memadukan konsep wisata edukasi menarik yang lagi hits.

Letaknya persis di Jalan Kartika 2, Kota Batu dengan akses yang mudah dilalui baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Terdapat puluhan wahana yang seru untuk dimainkan dan ramah bagi pengunjung anak-anak.

Sebut saja Sky Ride, Volcano Coaster, Flying Tornado, Superman Coaster dan banyak lainnya. Ketika Anda berkunjung, dapat melihat ke papan informasi dan include peta lokasi untuk memilih wahana yang diinginkan.

Harga yang dipatok sebesar Rp70.000 untuk weekday dan Rp100.000 untuk akhir pekan termasuk paket wisata. Tiket masuk ini akan menyesuaikan ketika musim libur, terutama libur panjang seperti natal, tahun baru atau lebaran.

Ragam Satwa di Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang bisa menjadi alternatif keluarga untuk memilih tempat wisata edukatif dengan mengenalkan satwa. Bagi Anda yang tak ingin berlibur terlalu jauh dari kota, Kebun Binatang Surabaya adalah pilihan yang tepat.

Kawasan ini sendiri merupakan kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara, yang otomatis menjadikannya sebagai sentra satwa terbesar di Indonesia. Banyak sudut yang instagramable untuk diambil bersama berbagai jenis hewan yang bagus.

Menilik sejarahnya, Kebun Binatang Surabaya bahkan telah didirikan sejak tahun 1916 pada era kolonial Belanda, dengan nama Soerabaiasche Plantenn en Dierentuin atau juga disebut Kebun Botani kala itu.

Seiring waktu tepatnya di tahun 1918, kebun binatang ini dibuka untuk umum dan langsung menyita atensi publik. Binatang tersebut sebenarnya terkumpul karena kegemaran seorang jurnalis Belanda, F.K Kommer.

Kegemarannya mengoleksi binatang dari pelbagai negara serta modal yang cukup kemudian terus berkembang, hingga mampu mengumpulkan lebih dari 2000 hewan hidup. Saat itu, ia bahkan telah memiliki 351 spesies dari reptil, mamalia, pisces hingga aves.

Beberapa koleksi yang paling terkenal adalah kategori unggas, primata, hewan buas, satwa langka yang dilindungi, serta kebun binatang untuk peliharaan. Seluruh hewan terawat dan berkembang biak hingga sekarang.

Berkat kondisi ini pula, pemerintah berinisiatif untuk mengambil alih usai kemerdekaan Indonesia dan menjadikannya kebun binatang nasional hingga saat ini.

Tempat wisata terbaik di Jawa Timur sebenarnya jauh lebih banyak. Beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang belum terkenal pun didominasi wisata pantai, sebut saja Pantai Bawean, Pantai Glayar dan Pantai Gondo Mayit.

Peran pemerintah daerah serta promosi dari warga sekitar, bisa sangat membantu mengangkat pariwisata Jawa Timur untuk terus berkembang.

Leave a Comment