Tempat Wisata Di Jakarta Timur

Memilih tempat wisata di pusat kota mungkin akan terdengar monoton dan membosankan, terutama di kota-kota besar dimana mall-mall lebih mendominasi. Tapi jangan khawatir, di Jakarta Timur ada beberapa daftar tempat wisata menyenangkan bagi keluarga.

Beberapa menyediakan sarana edukasi yang baik dan menyenangkan bagi anak. Di sisi lain, juga memberi fasilitas menarik untuk keluarga besar yang hendak menghabiskan waktu liburan.

Nah, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta Timur atau yang tiba dari luar daerah namun bingung memilih lokasi wisata yang dekat, semoga beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta Timur di bawah ini akan membantu.

Taman Petualangan Dinosaurus

Tempat Wisata Di Jakarta Timur
Taman Petualangan Dinosaurus TMII

Taman Nasional Indonesia Indah (TMII) bisa disebut sebagai wisata kota paling populer di Jakarta Timur. Nah, salah satu yang paling menarik dilokasi ini adalah Taman Petualangan Dinosaurus.

Dibangun layaknya hunian pelbagai macam dinosaurus yakni Jurassic Park, taman ini menyediakan aneka robot dinosaurus dengan ukuran raksasa. Uniknya, robot tersebut memiliki sensor yang memungkinkannya bergerak bak hewan hidup.

Sederet koleksi yang tersedia adalah T-rex, Pterosaurus, Brachiosaurus, Velociraptor hingga Triceratops. Anak-anak juga akan diajak mengenal ilmu arkeolog, dan menggali fosil di dalam kolam pasir.

Taman petualangan dinosaurus dirancang dengan instalasi luar ruangan, tertata apik dengan detail ornamen yang realistis. Replika binatang purba dibuat semirip mungkin, lengkap dengan bunyi dan gerak yang selaras.

Seolah, Anda akan berada di zaman prasejarah tengah hutan dengan suasana yang menegangkan. Untuk mengunjunginya, taman ini berada tepat di depan Taman Legenda Keong Emas setelah Teater Legenda.

Menjelajah replika taman sejarah di atas hanya membutuhkan biaya sebesar Rp20.000 per orang untuk weekday di hari Senin-Jumat, dan Rp30.000 untuk akhir pekan Sabtu-Minggu termasuk hari libur.

Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark
Snowbay Waterpark

Tempat wisata di Jakarta Timur berikutnya adalah Snowbay Waterpark dengan rancangan taman rekreasi petualangan dunia. Kawasan ini masih berada dalam komplek TMII, dengan konsep pegunungan salju.

Taman yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektar ini telah dibuka sejak tahun 2009, meski sebelumnya berdiri sebagai taman rekreasi Ambar Tirta. Menariknya, desain dan fasilitas ditunjang dengan standar internasional.

Anda akan menemui salju buatan yang terlihat nyata, permainan air untuk anak maupun dewasa serta pelbagai wahana menarik lainnya. Pengunjung, akan melakukan petualangan air yang menegangkan sekaligus menyenangkan.

Snowbay sendiri telah ada di beberapa negara seperti Korea Selatan, Australia dan Indonesia sebagai negara Asia Tenggara pertama. Maka pantas saja, jika Snowbay merupakan salah satu taman air terbaik di Indonesia.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati ialah kolam ombak dengan ketinggian hingga 3 meter. Ada juga Typhoon River atau kolam arus terpanjang di Indonesia. Pengunjung akan dibawa berkeliling di sekitar sungai sepanjang 360 meter.

Jangan lewatkan wahana boombaster, ember raksasa yang mampu menampung massa air hingga 2 ton. Air tersebut akan tumpah dan mengguyur seluruh pengunjung setiap 15 menit sekali.

Wahana ekstrim juga tersedia seperti Cool Running atau seluncuran kembar yang bisa membawa wisatawan dengan kecepatan 50 kilometer per jam. Harga tiket masuk di sini sebesar Rp140.000 untuk weekday dan Rp180.000 untuk akhir pekan.

Taman Akuarium Air Tawar

Taman Akuarium Air Tawar
Taman Akuarium Air Tawar

Masih dari wisata air, Taman Akuarium Air Tawar menjanjikan wisata menarik dengan konsep “Indonesia dan Dunia Air Tawar”. Anda akan diperlihatkan aneka ragam hayati dalam ekosistem air tawar dengan cara yang berbeda.

Ada pula replika ekosistem lahan basah yang telah ada sejak tahun 1992 dan diresmikan pada 1994. Desain taman didominasi oleh akuarium sebagai sarana edukasi, penelitian, rekreasi, atraksi serta konservasi alam.

Jika berminat mengunjunginya, Taman Akuarium ini berada di bagian selatan TMII yang diapit Museum Serangga dan Taman Bunga Keong Emas. Sebagai penanda, Anda bisa melihat gedung berwarna hijau dengan dua lantai.

Desain bangunan unik dengan bentuk persegi dengan tepi danau buatan yang membentuk lingkaran air tawar. Taman ini, bahkan merupakan yang terlengkap dan terbesar kedua di dunia, dan menjadi yang termegah di Asia.

Terdapat lebih dari 126 spesies Indonesia maupun mancanegara yang dirawat meliputi tanaman air, reptil, ikan hingga crustacea. Sebagai sarana pendukung terdapat auditorium, akuarium nusantara serta ruang karantina untuk pengembangbiakan.

Harga yang dipatok untuk seluruh fasilitas di objek wisata ini sangat terjangkau, yakni Rp20.000 saat weekday dan Rp30.000 untuk akhir pekan. Taman Akuarium adalah wisata edukasi yang sangat ideal untuk anak.

Taman Piknik Tengah Kota

Taman Piknik Cipinang Melayu
Taman Piknik Cipinang Melayu

Di luar kawasan TMII, Jakarta Timur juga punya sarana liburan sederhana yang patut dicoba. Taman Piknik, terletak di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu yang diprakarsai oleh Pemprov DKI sejak tahun 2019 lalu.

Taman Piknik adalah destinasi wisata tengah kota yang murah namun memiliki pemandangan asri yang menenangkan. Jika hendak menuju taman utama, pelanggan bisa melewati tangga dan kolam hijau tepat di bawahnya.

Tak sulit untuk menemukan tempat istirahat karena tersedia bangku beton di setiap sisi, sembari melihat kolam yang penuh dengan eceng gondok. Taman Piknik adalah alternatif destinasi wisata keluarga yang sederhana namun cukup menyenangkan.

Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu Tempat Wisata Di Jakarta Timur
Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu

Tempat Wisata di Jaktim selanjutnyaadalah Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu memiliki lahan seluas 600 jenis, dengan lebih dari 250 replika spesies kupu-kupu, 200 kumbang, dan 150 jenis serangga lainnya.

Selain itu, museum ini turut menghadirkan miniatur kumbang nusantara, peta serangga nasional, serangga perombak, peta kupu-kupu Indonesia, kupu-kupu Bantimurung hingga edukasi peranan serangga dalam ekosistem dan pelestarian alam.

Ketika memasuki kawasan ini, Anda akan disambut dengan deretan miniatur kumbang yang tersusun rapih. Terdapat ratusan koleksi kumbang asli Indonesia yang dipajang dan diurut berdasarkan ukuran.

Kumbang yang paling populer seperti kumbang tanduk adalah yang cukup menyita perhatian. Selain kumbang, ada pula koleksi spesies serangga lainnya seumpama lembah, ketam darat, kecoa, lalat, belalang juga capung.

Dari seluruh koleksi serangga yang ada, kupu-kupu menjadi primadona di museum ini. Koleksi kupu-kupu yang dibagi berdasarkan taksonomi serta asal daerahnya, warna dan ukuran yang beragam juga menjadi daya tarik khas.

Dibanding museum, Anda akan merasa berada di galeri seni dengan desain apik dan detail yang indah. Beberapa sudut museum juga didesain menarik bagi pengunjung yang ingin mengambil gambar yang instagramable.

Jika berminat mengunjunginya, Anda bisa menggunakan Bus Transjakarta koridor 10 untuk transportasi umum, dengan jurusan Tanjung Priok-Cililitan. Selanjutnya menggunakan angkutan umum jurusan T02 dan turun di depan pintu masuk TMII.

Sementara jika menggunakan Transjakarta koridor 9 menggunakan jurusan Pinang-Ranti, maka turun di sekitar Tamini Square. Harga tiket masuk museum ini terbilang murah yakni Rp20.000 per orang.

Nah bagaimana, tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut?, pilihan rekreasi yang bagus selain wisata pantai bisa Anda pilih sesuai keinginan. Juga, menyesuaikan dengan biaya dan anggota keluarga yang ikut serta.

Leave a Comment