Tempat Wisata Anak Di Bandung

Selain wisata kuliner yang populer, Jawa Barat punya banyak destinasi wisata menarik dan Tempat Wisata Anak Di Bandung. Selain ajang relaksasi diri, memilih wisata edukasi terlebih saat membawa anak akan lebih menyenangkan.

Wisata edukasi di Bandung juga beragam, Anda bisa memilih tergantung fasilitas yang disediakan. Liburan ini jelas akan membantu perkembangan anak dengan metode belajar yang ringan.

Kami memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru untuk anak di Bandung dan sekitarnya. Selain dengan harga yang murah, fasilitas yang tersedia juga menarik dan edukatif.

Kampung Batu Malakasari

kampung batu malakasari
Kampung Batu Malakasari
AlamatJalan Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah, Malakasari, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375
Jam Buka08.00 – 16.00 WIB
MapsKlik Disini

Objek wisata anak di Bandung yang pertama adalah Wisata Kampung Batu Malakasari, yang berdiri sebagai kawasan wisata alam buatan. Batu Malakasari punya konsep geowisata dan ekowisata terbaik di Bandung.

Terdapat sejumlah wahana dan anjungan yang merupakan favorit keluarga di sini. Tujuannya, sebagai laboratorium alam dan memberi pendidikan lingkungan bagi pengunjung. Beberapa wahana tersebut antara lain.

Seni Budaya Sunda

Wahana ini tak hanya mengenalkan budaya Sunda melalui mainan, alat musik dan lainnya melainkan juga memberi edukasi soal pemeliharaan lingkungan yang bersih dan sehat.

Rumah Adat Sunda

Wahana menarik berikutnya adalah pengenalan Rumah Adat Sunda beserta seluruh komponennya. Termasuk pada bagian songsong, lisung, tepas, pawon hingga halu.
Pengunjung juga akan diberi edukasi perihal tata cara pengelolaan sampah, pemanfaatan halaman guna cocok tanam, kesehatan lingkungan rumah hingga beternak.

Beternak Unggas

Berikutnya adalah beternak unggas mulai dari itik, ayam kalkun, ayam kampung, merak, sampai angsa. Anak-anak akan dibawa untuk mencari telur itik hingga membuat telur asin.
Jika ingin berkunjung, Kampung Batu Malakasari berlokasi di Jalan Banjaran Rencong, Desa Malakasari Baleendah, Kabupaten Bandung.

Fun & Adventure Games

Anak-anak yang selalu aktif dan selalu ingin mencoba hal-hal baru terakomodir di wisata ini. Permainan seperti Trampolin, Sepeda roda tiga, Kereta Mini, Tangkap Belut, Tangkap Kelinci, Lomba Bakiak dan lainnya bisa mereka mainkan disini, guna melatih motorik, kekompakan, kerjasama dan lain-lain.

Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey
Taman Kelinci Ciwidey
AlamatCikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973
Jam Buka09.00 – 17.00 WIB
MapsKlik Disini

Wisata alam untuk keluarga berikutnya adalah Taman Kelinci Ciwidey. Sebagaimana namanya, lokasi ini khusus memberi edukasi soal pemeliharaan kelinci. Terdapat lebih dari 100 ekor kelinci yang dipelihara di sini.

Jenis kelincinya pun beragam mulai dari lokal hingga jenis rex dan Dutch. Berdiri di lahan seluas 1,7 Has di atas ketinggian 1400 mdpl, Taman Kelinci Ciwidey juga akan menghibur bagi pengunjung dewasa.

Anak-anak bisa leluasa memberi makan kelinci sekaligus memahami cara perawatan kelinci, dan pelestarian lingkungan. Meski dinamai kelinci, tempat ini juga memelihara sejumlah binatang seperti domba dan jenis reptil.

Terdapat kebun binatang mini yang dihuni hewan jinak, lokasi ini cocok sebagai ajang pengenalan hewan pada anak. Anda dan keluarga juga bisa menaiki kuda sebagai sarana liburan untuk mengelilingi kawasan wisata.

Harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang, yang dibuka sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Khusus hari Minggu, objek wisata dibuka hingga pukul 21.00 WIB. Namun jika Anda ingin mencoba wahana permainan akan dibebankan biaya minimal Rp 20.000.

Floating Market Lembang

tempat wisata anak di bandung
Floating Market Lembang
AlamatJl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka09.00 – 19.00 WIB
MapsKlik Disini

Floating Market Lembang juga satu tempat wisata yang terfavorit untuk anak. Dibangun sebagai kawasan wisata kuliner, Anda dan keluarga bisa menikmati ragam makanan menarik sekaligus mencoba beberapa wahana air.

Terdapat banyak gerai makanan berbeda di dalam perahu yang terapung di tiap sisinya. Meskipun, pengunjung tetap diharuskan makan di darat karena tidak menyediakan tempat di atas perahu.

Susunan perahu dan pepohonan hijau berjejer rapi, pun pada bagian gazebo yang memungkinkan pengunjung beristirahat sebentar.

Untuk pembayaran, Floating Market Lembang tidak menggunakan uang tunai melainkan kartu khusus yang ditukar pada tiap pembelian. Anda harus mengisi saldo dengan nominal tertentu untuk berbelanja di dalam.

Bandung Science Center

Bandung Science Center adalah wisata edukasi yang terletak di pusat kota tepatnya Jl Sirnagalih Gegerkalong. Sebagaimana namanya, tempat ini mengkombinasikan pendidikan sains sekaligus wisata dalam satu tempat.

Buka setiap hari Selasa hingga Minggu,  Anda dan keluarga bisa belajar sekaligus bermain dari pukul sembilan pagi sampai lima sore. Pembangunannya, memang ditujukan untuk memberi kontribusi terhadap dunia pendidikan nasional.

Edukasi Teknologi

Salah satu wahana paling diminati adalah edukasi teknologi di bidang matematika, fisika dan kimia menggunakan praktek dasar. Science Center menyediakan ruangan audio visual, robotik, bumi dan banyak lainnya.

Ada pula sejumlah spot unik berupa harpa menggunakan sinar laser hijau. Pengunjung, dibolehkan menggunakan seluruh alat dengan bantuan petugas, sekaligus pengawas.

Bersifat Interaktif

Pada seluruh fasilitas yang disediakan, pengunjung diharap bisa berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Pengunjung secara bebas alam menyentuh alat peraga dan memainkannya secara bergantian.

Ada puluhan alat peraga yang tersimpan dan bisa digunakan. Selain Science Center, Anda juga bisa mencoba eksperimen kimia yang dikaitkan dengan aroma dan suara. Ruangan khusus ini ditujukan agar pengunjung mengamati dan belajar fenomena alam agar lebih interaktif.

Untuk menggunakan seluruh fasilitas di Bandung Science Center, harga tiket masuk yang perlu dikeluarkan sebesar Rp 45.000 per orang.

Saung Angklung Udjo

tempat wisata anak di bandung
Saung Angklung Udjo
AlamatJl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192
Telp0818-0222-1522
MapsKlik Disini

Tempat Wisata Anak di Bandung Berikutnya adalah Saung Angklung Udjo (SAU), objek wisata ini didesain berbentuk pertunjukan seni, sekaligus pusat kerajinan tangan yang terbuat dari bambu, serta instrumen musik serupa.

SAU sendiri juga merupakan satu dari wisata budaya paling populer di Bandung yang cocok bagi anak-anak. Selain itu, pembangunan objek wisata ini sebagai laboratorium pendidikan sekaligus pusat belajar.

Pengunjung selain terhibur, juga akan dikenalkan budaya Sunda terkhusus angklung, alat musik khas Sunda yang terbuat dari bambu. SAU bahkan telah didirikan sejak tahun 1966 oleh sepasang suami istri Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati.

Keduanya, berinisiatif melestarikan budaya tradisional sekaligus seni Sunda. Objek wisata ini berada tepat di Jl Padasuka 118, daerah Bandung Timur, Jawa Barat.

Membawa nuansa klasik dan tradisional, SAU menyediakan pemandangan sejuk yang dikelilingi pohon bambu. Sebagian besar interior yang digunakan pun terbuat dari bambu, selain alat musiknya.

Pertunjukan Seni

Jangan lewatkan pertunjukan seni ketika mendatangi lokasi ini, karena rutin digelar tiap pagi atau sore hari. Anda tentu bisa mengenalkan budaya Sunda kepada anak dengan cara yang menyenangkan.

Uniknya, pertunjukan seni tersebut tak hanya digelar di lokasi Saung Angklung Udjo semata, melainkan kerap berpindah tergantung undangan tampil di pelbagai acara. Baik nasional maupun internasional, pengisi acara kerap tampil dengan pagelaran menarik.

Beberapa penampilan yang cukup bersejarah adalah dalam konsep kolaborasi dengan Sherina pada tahun 2000 di ITB dengan tajuk Sasana Budaya Ganesha. Jika Anda berminat membeli alat musik, pengelola juga menyediakan ragam angklung, calung hingga alumba untuk dibawa pulang.

Tiket masuk yang ditawarkan cukup murah meriah dengan beberapa kategori. Khusus wisatawan domestik misalnya, dikenakan biaya sebesar Rp 60.000 dan Rp 100.000 untuk wisatawan mancanegara.

Sementara untuk harga belajar lebih rendah yakni Rp 40.000 untuk pelajar domestik dan Rp 60.000 untuk pelajar mancanegara. Harga tersebut sudah termasuk menyaksikan pertunjukan seni.

Nah demikian beberapa rekomendasi Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Bandung yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Leave a Comment