Tebing Breksi Jogja

Saat Anda dan keluarga berwisata dan sedang menjelajah Kota Yogjakarta, jangan lupa mampir ke Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Ada Tebing Breksi yang indah yang bisa Anda kunjungi.

Lokasinya tidak jauh dari Wisata Candi Prambanan, jadi Anda bisa merencanakan untuk mengunjunginya secara berurutan.

Juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata liannya, yaitu Wisata Candi Ijo, dan Komplek Kraton Boko.

Nah, seperti apa sih keindahan yang dimiliki oleh wisata tebing yang satu ini? Dan bagaimana pula asal mula berdirinya?

Daripada penasaran, yuk.. cek dulu informasi dan apa saja keunikan yang ditawarkan di Taman Tebing Breksi Jogja ini..

Informasi

AlamatSambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Jam BukaSetiap Hari, Jam 04.00 – 00.00
Telp081328634788
MapsKlik Disini
Tebing Breksi Malam Hari
Tebing Breksi Malam Hari. Foto: @tikaast_

Lokasi

Taman Tebing Breksi Jogja beralamatkan di Kecamatan Prambanan, sebelah selatan dari obyek wisata Candi Prambanan, kurang lebih 15 menit.

Jika Anda dari pusat Kota Jogja terutama jika Anda dari Malioboro, maka membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menuju ke lokasi wisata tersebut. Dengan jarak sekitar 15 km.

Dan di sekitar lokasi wisata ini juga tidak berjauhan dengan beberapa wisata lainnya. Beberapa tempat wisata yang berdekatan antara lain, Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Banyunibo, Candi Kalasan dan Candi Barong.

So, Anda juga bisa sekalian mengunjunginya dalam sekali rencana rute perjalanan.

Sejarah Tebing Breksi

Sekilas, Tebing Breksi ini memang mirip dengan wisata Green Canyon yang ada di Jawa Barat. Perbedaannya hanya terletak pada warna bebatuannya.

Taman Tebing Breksi sendiri terbentuk ribuan tahun silam karena endapan abu dan bebatuan dari aktivitas vulkanik Gunung Api Kuno Nglanggeran.

Oleh masyarakat sekitar lokasi ini dijadikan tempat penambangan batuan alam, yang hasilnya sebagian besar dijadikan bahan ornamen bangunan.

Pada tahun 2014, kegiatan penambangan dihentikan oleh pemerintah. Dan lokasi ini pun akhirnya terbengkalai.

Namun ternyata setelah penambangan dihentikan dan terbengkalai, justru dari denah yang tersedia, terlihat pemandangan yang menakjubkan dari situs ini dan mempunyai potensi pariwisata yang bisa dikembangkan dengan hasil sisa-sisa pahatan batuan alamnya.

Akhirnya masyakat sekitar mencoba mengeksplorasi potensi wisatanya, dan hasil laporan kajiannya membanggakan.

Pemerintah kemudian merawat situs ini dan memberikan beberapa perbaikan dan penambahan, terutama dalam hal ornamen sehingga menambah keindahan keunikan tebing ini.

Pemerintah pun menambahkan ukiran naga unik yang terletak di atas tebing, taman  dan beberapa spot foto untuk mempercantik tempat wisata ini.

Dan pada tahun 2015, pemerintah membuka tempat wisata ini untuk umum serta menjadikannya sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta.

Tebing ini telah menjadi tempat baru yang unik dan menarik untuk menghabiskan liburan bersama teman atau keluarga tercinta.

Tebing ini memiliki ketinggian 375 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat mempesona, sehingga banyak wisatawan berburu foto-foto instagramable dari tempat ini!

Suasana Sore Hari di Tebing Breksi
Suasana Sore Hari di Tebing Breksi

Tiket Masuk Tebing Breksi

Bagi yang ingin mengunjungi situs wisata Tebing Breksi ini, maka Anda perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Namun jangan khawatir, harga tiketnya sangat terjangkau kok..

Berikut adalah rincian biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa menikmati keindahan destinasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk
Pengunjung DomestikRp. 5.000
Pengunjung MancanegaraRp. 10.000
Biaya Parkir Sepeda MotorRp. 2.000
Biaya Parkir MobilRp. 5.000

Para pengunjung harus membayar biaya masuk untuk bisa menjelajahi tebing ini. Harga tiket masuk dan parkir pun di wisata ini dianggap sangat murah.

Dengan biaya tersebut, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam yang menenangkan sekaligus mengambil gambar prosesi terbenamnya.

Jam buka operasional tempat wisata ini dibuka setiap hari, mulai pukul 04.00–00.00 WIB.

Adapun waktu terbaik untuk bisa mengunjungi wisata ini adalah pagi hari saat udara masih sejuk atau sore hari, sekalian menunggu saat matahari sunset. Karena pada saat itu, matahari tidak sedang terik. Atau Anda juga bisa mengunjunginya saat malam hari.

Nuansa Tebing Breksi malam hari lebih meriah dan menarik, karena adanya banyak pertunjukan seni baik itu tarian atau musik.

Baca Juga: Menikmati Jogja dari Bukit Bintang

Fasilitas di Tebing Breksi

Situs wisata Taman Tebing Breksi Jogja menawarkan beberapa fasilitas yang memadai dan cukup lengkap bagi para pengunjung, di antaranya adalah:

  • Spot Foto Beragam

Tempat wisata ini mempunyai beragam spot foto yang unik. Keunikan spot foto ini karena seniman Jogja memahat beberapa bagian tebing agar lebih menarik bagi wisatawan.

Ada ukiran wayang dan naga dan yang sangat bagus. Ukiran itulah yang menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto.

Selain ukiran naga dan wayang, Anda juga akan menemukan tebing batu yang diukir menjadi boneka.

Semua ukiran itu sangat bagus untuk dijadikan background foto. Berfoto bersama teman-teman di tempat yang indah bisa menjadi pilihan liburan Anda saat berada di Jogja.

  • Pagar Besi yang Aman untuk Menyaksikan Pemandangan Indah dari Atas Tebing

Anda yang ingin menelusuri Tebing Breksi, namun takut dengan ketinggian, jangan khawatir!

Pihak pengelola menyediakan pagar besi yang mengelilingi tebing, sehingga pengunjung dapat menjelajahi situs wisata ini dengan aman.

Sehingga Anda bisa menyaksikan pemandangan dari atas tebing yang luar biasa menakjubkan dengan nyaman.

Nah, bagian terbaik dari Tebing Breksi memang puncaknya. Di sore hari, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam yang indah lho..

  • Tlatar Seneng

Tebing Breksi juga dilengkapi dengan fasilitas panggung bernama Tlatar Seneng. Panggung ini berada di bagian bawah tebing, sehingga Anda dapat menikmati berbagai pertunjukan seni.

Bahkan kadang-kadang, penduduk setempat juga melakukan pertunjukan musik di lokasi ini. Inilah yang membuat semua orang tidak akan merasa bosan ketika mengunjungi tempat wisata satu ini.

Di tempat ini juga bisa untuk bersantai, melepas penat jika Anda selesai dari puncak tebing.

  • Balkondes

Fasilitas ini bisa digunakan untuk sejenak melepas lelah, bersantai, atau ruang tunggu atau bahkan sebagai titik kumpul rombongan.

  • Camping

Wisata ini juga menyediakan fasilitas bermalam dengan tenda-tenda camping, sehingga Anda bisa menghabiskan malam disini.

  • Jeep Wisata

Tak ketinggalan wahana Jeep Wisata bisa di dapatkan di area wisata ini.

  • Foodcourt

Menyediakan berbagai makanan khas Jogja dan oleh-oleh khas serta berbagai cinderamata.

  • Area Parkir yang Luas

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan area parkir yang sangat luas, sehingga bisa menampung banyak sekali kendaraan. Termasuk armada bis.

Tidak heran, jika banyak sekali pengunjung terus berdatangan selama akhir pekan, liburan panjang bahkan hari-hari biasa.

Taman Breksi Jogja
Taman Breksi Jogja. Foto: @jogjanight

Tips Wisata

  1. Persiapkanlah rencana kunjungan wisata Anda dalam 1 hari tersebut, minimal sehari sebelum rencana wisata Anda di eksekusi
  2. Karena lokasi wisata ini pada siang hari cukup terik, maka disarankan untuk mengunjunginya pada waktu pagi hari atau sore hari.
  3. Persiapkan makanan ringan dan minuman yang cukup
  4. Jaga selalu anggota keluarga Anda agar selalu terpantau dan terawasi selama berada di lokasi, terutama saat long weekend.
  5. Persiapkan HP dan kamera dalam kondisi full batterai, untuk tetap menjaga komunikasi Anda, dan mengabadikan tiap moment.

Tebing Breksi memang bukanlah wisata yang menawarkan aneka wahana yang menegangkan dan menyenangkan. Namun, keunikan dan juga keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Wisata Taman Tebing Breksi Jogja. Semoga bisa membantu Anda memutuskan rencana liburan bersama keluarga yang menyenangkan ya..

Leave a Comment