Taman Pintar Jogja

Menyandang predikat sebagai kota pelajar, membuat pemerintah Kota Yogyakarta berkeinginan untuk menghadirkan sebuah wisata edukasi yang ramah anak.

Sekaligus sebagai tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan. Salah satunya adalah Taman Pintar Jogja.

Taman Pintar merupakan salah satu obyek wisata edukasi yang secara khusus didesain untuk mengenalkan ilmu pengetahuan kepada para pelajar sedini mungkin.

Dengan cara yang mengasyikkan, dan mungkin belum pernah diajarkan di institusi pendidikan formal.

Sehingga dengan cara tersebut mereka lebih bisa memahami secara nyata manfaat ilmu pengetahuan.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk kita cek informasinya dulu..

Informasi

Jam Buka08.00 – 16.15 WIB
AlamatJl. Panembahan Senopati No. 1-3, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
No Telepon0274-583-631
No HP085729739999
Online MapsKlik Disini
gambar taman pintar jogja
Gambar Taman Pintar Jogja. Foto: instagram.com/noorasofwani

Harga Tiket Masuk

[table id=3 /]

Alamat

Lokasi Taman Pintar Jogja terletak sangat strategis, di pusat Kota Jogjakarta, tidak jauh dari titik Nol KM Jogja.

Jika Anda dari arah Malioboro, lalu ke arah Selatan menuju perempatan Kantor Pos Besar. Kemudian ke arah timur sekitar 300 meter. Lokasi berada di sebelah kiri.

Tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Sejarah

taman pintar jogja taman air
Gambar Taman Menari. Foto nisyarifiani.blogspot.com

Sejarah dibangunnya Taman Pintar Jogjakarta ini adalah bermula dari respons Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap kemajuan sains dan teknologi yang semakin pesat berkembang.

Sekaligus predikat Jogjakarta sebagai pusat kota pendidikan dan kota pelajar. Respon tersebut diwujudkan dengan merealisasikan ide pembangunan Taman Pintar.

Taman edukasi ini didesain sebagai kawasan yang sangat ramah pelajar, mulai dari pra sekolah sampai jenjang sekolah atas untuk bisa memperdalam pemahaman mereka tentang materi-materi pelajaran yang sudah diterima di bangku sekolah dan sekaligus sebagai wisata rekreasi.

Bangunan Taman Pintar ini berlokasi di bekas kawasan Shopping center, pasar buku-buku murah di Jogja, yang saat ini lokasinya bersebelahan dengan taman pintar.

Dipilihnya lokasi ini agar fungsi dan kegiatannya saling berkaitan dengan beberapa bangunan bersejarah di sekitarnya, antara lain Gedung Agung (Istana Presiden Yogyakarta), Benteng Vredeburg, Taman Budaya, dan Societiet Militer.

Relokasi dan pembangunan dimulai dari tahun 2004 dengan beberapa tahapan pembangunan, hingga akhirnya diresmikan oleh Presiden RI ke-6 saat itu, Bp. Susilo Bambang Yudhoyono

Wahana Taman Pintar Jogja

Playground

taman pintar jogja pipa bercerita
Pipa Bercerita. Foto tamanpintar.co.id

Lokasi wahana Playground Taman Pintar Jogja terletak di area luar dan terbuka.

Beberapa wahana yang bisa kita gunakan antara lain: Pipa Bercerita, Permainan Putaran, Dinding Berdendang, Jungkat-Jungkit, Katrol, Terowongan Pohon, Air Menari, Koridor Air, Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, Gong Perdamaian, Forum Batu, Sepeda Spektrum Warna, Tapak Prestasi

Zona Perpustakaan

Perpustakaan ini didesain menarik dan tentunya nyaman agar para pengunjung betah berlama-lama. Dilengkapi dengan beberapa komputer untuk mengakses Ensiklotepi, pengetahuan sains berbentuk film animasi.

Science Theater

Gedung ini berkapasitas antara 50-60 orang. Gedung Audio Visual ini biasanya digunakan untuk pemutaran film dan peraga sains.

Wahana Bahari

Mengelilingi kolam ikan dengan menggunakan perahu kecil

Gedung Paud

Di gedung ini sediakan peraga-peraga pendidikan sains dan teknologi yang interaktif yang dikhususkan untuk anak-anak usia 3 sampai 7 tahun. Dan jangan khawatir, di area ini sudah disediakan pemandu, sehingga bermain anak-anak lebih aman.

GEDUNG PAUD BARAT:
Ruang Bermain Lego, Sains dan Teknologi, Ruang Bermain Profesi, Perpustakaan,Komputer Kids

GEDUNG PAUD TIMUR:
Ruang Flora & Fauna, Ruang Olahraga, Ruang Bermain Alat Musik, Panggung Pertunjukan, Ruang Laktasi

Zona purba
Gambar Zona Purba. Foto: instagram.com/kesatyaworld

Kampung Kerajinan

Kampung Kerajinan menyediakan fasilitas untuk berkreasi dengan Kreasi Batik, Kreasi Gerabah. Atau Kita juga bisa melukis di wahana gerabah di wahana Lukis Gerabah, atau melukis kaos di wahana Lukis Kaos.

Dan tentunya peralatan sudah disediakan oleh pihak pengelola

Gedung Kotak.

Digedung ini kita bisa temukan banyak sekali wahana belajar dan bermain, diantaranya: Zona Teknologi Populer, Lorong Ilusi, Zona Air untuk Kebaikan Hidup, Wahana Jejak nutrisi, Zona Tepi TV, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Sahabat Pemberani KPK, Zona Indonesiaku, Zona Olahraga, Zona Memorabilia, Zona Geleri Pustaka, Zona nuklir, Zona SNI, Zona Menara Eiffel, Zona Panas BumiGeothermal, Hand on Science.

Gedung Oval.

Di area ini pengunjung bisa belajar mengenai peraga listrik statis di Zona Generator Van De Graff. Energi listrik dengan tenaga manusia di Generator Pedal. Mempelajari simulator gempa, dan perubahan iklim di Zona Cuaca, Iklim dan Gempa bumi. Ada juga Terowongan Ilusi. Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Purba, dan Zona Tata Surya.

Planetarium

planetarium
Planetarium Taman Pintar Jogja. Foto tamanpintar.co.id

Diwahana ini pengunjung akan merasakan sensasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari dan berbagai macam benda-benda angkasa dan susunan bintang yang nampak.

Selanjutnya adalah pemutaran film tentang perjalanan manusia ke Bulan, yang bisa disaksikan dengan kursi pengunjung yang bisa direbahkan, sehingga kita bisa merasakan sensasinya.

Fasilitas

Pengelola Taman Pintar menyediakan beberapa fasilitas yang lengkap bagi para pengunjung nya, antara lain:

  • Pusat Layanan dan informasi pengunjung
  • Ruang disewakan untuk umum
  • Ruang kesehatan
  • Lift bagi pengunjung yang berkebutuhan khusus
  • Musholla
  • Tolet dan kamar mandi
  • Food Court

Denah Taman Pintar Jogja

Jika Anda membutuhkan denah taman pintar jogja untuk memudahkan dalam mengeksplorasi tempat wisata ini bisa Anda lihat gambar dibawah ini.

denah
Denah Taman Pintar Jogja. Foto Tamanpintar.co.id

Tips Wisata Taman Pintar Jogja

  1. Datanglah lebih pagi, agar bisa memaksimalkan seluruh wahana yang disediakan. karena lokasi wisata mudah diakses (tengah kota), sehingga pada saat liburan pengunjung lebih ramai.
  2. Bawalah pakaian tambahan untuk anak, karena di lokasi ini ada permainan air gratis.
  3. Bawalah makanan-makanan ringan jika waktu kunjungan Anda singkat.
  4. Bawalah makan siang jika waktu kunjungan lebih lama
  5. Siapkan peralatan komunikasi (HP) dengan kondisi baterai penuh
  6. Persiapkan kamera untuk mendokumentasikan kegiatan kita

Nah, gimana? tertarik untuk mengunjungi nya kan? Dijamin seru deh..

Leave a Comment