Puncak Becici Jogja

Bantul mempunyai beragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Puncak Becici atau juga biasa dikenal Puncak Pinus Becici Jogja. Salah satu hutan pinus di kawasan mangunan

Lokasi wisata yang berada di kecamatan Dlingo ini terkenal dengan beragam spot foto yang menarik, unik, alami, dan Instagramable, serta didukung dengan suasana alam yang menyejukkan.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke puncak ini, karena ingin merasakan dan menikmati langsung pemandangan sunset di wisata ini yang sungguh indah dan menakjubkan.

Nah, bagaimana informasi, dimana lokasinya, jam buka, htm, serta sejarah adanya wisata Puncak Pinus Becici ini, dan apa saja fasilitas yang dimiliki oleh destinasi wisata ini? Yuk kita cek dulu..

Informasi

AlamatGunungcilik, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam Buka05.00 – 18.00 WIB
Telp0823 2907 7770
MapsKlik Disini
Gambar Puncak Becici
Gambar Puncak Becici. Foto. @ary_kr

Lokasi Puncak Pinus Becici

Wisata Puncak Pinus Becici ini terletak tidak jauh dari beberapa tempat wisata hutan pinus lainnya. Yaitu di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

Nah, rute menuju ke sana adalah, jika Anda berada di pusat Kota Jogja, atau mungkin di Malioboro, maka Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan jarak sekitar 30km.

Untuk lebih jelasnya bisa langsung menggunakan fasilitas Maps Online pada bagian informasi diatas.

Sejarah Asal-Usul

Nama Puncak Becici sendiri berasal dari bahasa Jawa “Mbeciki”. Arti kata “Mbeciki” dalam bahasa Indonesia adalah berbuat baik. Objek wisata yang dekat dengan Kebun Buah Mangunan ini, mulai tersohor setelah Barack Obama mengunjungi wisata ini.

Siapa sih yang tidak mengenal mantan presiden Amerika Serikat yang populer ini? Semenjak kedatangan Obama pada tahun 2017 inilah, puncak ini mulai dikenal masyarakat luas. Dan banyak yang mulai penasaran dengan puncak ini.

Objek wisata ini dibangun di atas lahan Perhutani dengan luas sekitar 4,3 hektar, dan dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata yang layak. Kemudian dikelola oleh warga setempat. Para pemuda mulai merapikan area perbukitan ini, hingga menjadi sebuah tempat wisata yang layak.

Tidak heran, jika wisata ini sudah tersedia berbagai fasilitas yang memadai mulai spot foto yang instagramable, gazebo untuk duduk, toilet, gardu pandang.

Selain itu, akses jalan menuju ke wisata ini juga sudah dibeton untuk memudahkan pengunjung berjalan menyusuri wisata.

Ya, sejarah pengembangan objek wisata ini tidak bisa dipisahkan dari kontribusi warga lokal, yang mengembangkan destinasi ini hingga terkenal. Dan manajemen pariwisata Puncak Becici ini saat ini dikelola oleh koperasi desa setempat bernama Noto Wono.

Sunset di Becici Mangunan
Sunset di Becici Mangunan. Foto: @nofrenda_angreini

Pemandangan Puncak Becici

Beberapa aktifitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata Puncak Becici adalah:

  • Menikmati sunset di gazebo atau gardu pandung.

Menunggu saat matahari tenggelam memang merupakan pengalaman tersendiri, karena jarang kita jumpai. Namun jika Anda datang saat yang tepat di wisata ini. Maka Anda akan menjumpainya. Dan pengalaman itu mungkin akan sangat berkesan saat berlibur di Yogyakarta, di Pincak Becici Imogiri.

  • Hunting gambar di berbagai spot instagramable yang telah disediakan.

Selain sunset sebagai daya tarik, banyak sekali spot-spot lokasi foto yang Instagramable, yang menjadikan gambar foto Anda kian berbeda dan unik.

Mulai dari pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, hutan pinusnya sendiri, hingga kemegahan Gunung Merapi bisa dijadikan latar bekalang (background) foto Anda dan keluarga.

  • Trekking dengan sepeda atau jalan kaki.

Untuk bisa menuju puncaknya Anda masih harus berjalan kaki menyusurinya yang kurang lebih berjarak 300 meter. Dan ditemani dengan pohon-pohon pinus.

  • Bersantai di Hammock (Ayunan Gantung)

Untuk melepas lelah setelah menikmati pemandangan di Puncak, Anda bisa bersantai ria di ayunan gantung yang tersedia di area wisata.

Tiket Masuk Puncak Becici

Puncak Becici adalah destinasi wisata yang membutuhkan tenaga untuk bisa mencapai puncaknya. Setidaknya dari tempat parkir menuju gerbang pembelian tiket masuk, pengunjung akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk berjalan. Adapun jarak yang akan ditempuh sekitar 250 meter.

Meski membutuhkan trekking yang cukup jauh, namun tenang saja! Jalur trekking di objek wisata Becici ini sudah dibeton, sehingga bisa memudahkan wisatawan yang datang.

Adapun harga tiket masuk dan biaya lain yang dibutuhkan untuk bisa menikmati destinasi wisata puncak ini adalah sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk
Pengunjung DomestikRp. 5.000
Pengunjung MancanegaraRp. 10.000
Biaya Parkir Sepeda MotorRp. 2.000
Biaya Parkir MobilRp. 5.000

Sangat terjangkau kan? Dengan biaya tiekt masuk yang sangat murah, Anda bisa menikmati pemandangan yang keren, alami, sejuk pula..

Baca Juga: Pantai Favorit di Gunung Kidul, Pantai Indrayanti
Malam Hari di Puncak Becici
Malam Hari di Puncak Becici. Foto: @arif_josselalu

Fasilitas Di Puncak Becici

Puncak ini mempunyai pesona yang sangat indah, didukung dengan suasana yang menyejukkan dari hutan yang ada di pegunungan pohon pinus.

Wisata dengan ketinggian 380 mdpl ini mempunyai beberapa fasilitas, di antaranya adalah:

  • Gardu Pandang

Namanya juga puncak, kurang afdol rasanya jika destinasi wisata ini tidak dilengkapi dengan sebuah gardu pandang.

Di puncak ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan gunung Sumbing, Sindoro, Merbabu dan Merapi dari atas gardu pandang.

Apabila cuacanya sedang cerah, Anda juga bisa menyaksikan birunya laut pantai selatan dari atas gardu pandang Puncak Becici ini.

  • Gazebo

Bagi Anda yang lelah setelah melakukan trekking di objek wisata Becici, Anda bisa beristirahat di beberapa gazebo yang disediakan oleh pengelola.

Anda bisa melepas penat sambil menyaksikan keindahan alami dari puncak ini, karena suasananya masih sangat asri.

  • Tempat Berkemah

Anda yang ingin mengajak teman-teman atau anggota keluarga berkemah, puncak ini menyewakan fasilitas tempat berkemah. Anda bisa menyewa tempatnya dengan tarif sekitar Rp20.000 per malamnya.

Jika Anda tidak membawa perlengkapan berkemah seperti tenda, objek wisata ini juga menyewakan tenda dengan kapasitas 4 orang. Adapun biaya sewa tendanya adalah Rp50.000 per malam.

  • Rumah Makan

Dilokasi wisata ini juga terdapat beberapa rumah makan, sehingga Anda tidak perlu pusing bisa stok perbekalan makanan mulai menipis. Dengan menu-menu sederhana

  • Toilet

Anda juga tidak perlu khawatir, jika ingin buang hajat. Obyek Wisata ini menyediakan Toilet bagi para pengunjungnya.

  • Musholla

Tersedia Musholla bagi Anda yang akan melaksanakan kewajiban Sholat

  • Tempat Parkir yang luas

Area parkir luas untuk menampung kendaraan, baik motor, mobil maupun Bis

Beberapa tempat wisata yang dekat dengan obyek wisata ini antara lain, HeHa Sky View, Hutan Pinus Mangunan, dan Kebun Buah Mangunan.

Gambar Pagi Hari
Gambar di Pagi Hari. Foto: @efson_sustera_irawan

Tips Wisata

  1. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata puncak ini adalah sebelum tenggelamnya matahari. Pastikan Anda datang sekitar pukul 16.00-17.00 WIB
  2. Namun pemandangan diluar jam diatas pun juga tidak kalah bagusnya. Anda juga tetap bisa melihat keindahan Yogyakarta pada pagi hari, atau siang hari
  3. Persiapkan bekal makanan ringan dan minuman saat akan menuju kepuncak, dan Anda bisa mendapatkannya di warung depan pintu masuk.
  4. Jaga selalu keamanan keluarga, terutama kondisi badan, karena wisata ini sedikit membutuhkan energi yang lebih untuk bisa menuju puncaknya

Nah itulah beberapa informasi, review tentang Puncak Becici Jogja.

Bagi yang mencari sebuah destinasi wisata alami yang ekonomis dan eksotis, Puncak Pinus ini sepertinya merupakan tempat yang tepat untuk bertamasya.

Leave a Comment