Pantai Nglambor

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak pantai-pantai yang indah dan menawan dengan berbagai macam ciri khas, mulai dari pasir putih, flying fox, jembatang gantung, hingga snorkling.

Dan dari sekian banyak pantai di pesisir selatan Jawa ini, Pantai Nglambor adalah salah satu yang nge-hits dan terkenal. Pantai yang mulai hits pada tahun 2014 lalu ini memiliki pemandangan bawah laut yang masih sangat indah. Yang jarang dimiliki oleh beberapa pantai di Jogja.

Walau pantai ini sempat viral, namun ternyata masih ada juga yang belum mengetahui lokasi dan juga cara untuk bisa sampai ke destinasi wisata dekat Pantai Siung dan Pantai Jogan ini.

Nah, untuk lebih lengkapnya, Yuk kita cek dulu infonya..

Informasi

AlamatTepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka06.30 – 17.00 WIB
Telp0821 3469 2388
MapsKlik Disini
snorkeling pantai nglambor
Snorkeling Pantai Nglambor. Foto: @pantai_nglambor

Sejarah Pantai Nglambor

  • Sebelum Tahun 2014

Dulunya, penduduk yang ada di pesisir pantai ini hanyalah dua orang lansia saja. Sepasang suami istri ini menggantungkan hidupnya dari hasil laut dan juga bertani.

Pak Sawu dan istrinya, Bu Tukit, sehari-hari hidup berdua saja. Anak-anak mereka sudah besar dan memilih untuk pergi ke kota.

Walaupun keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya, tapi saat itu akses menuju pantai Nglambor belum begitu bagus sehingga sepi pengunjung. Meskipun memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Bahkan ketika pantai yang ada di alamat Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta ini diperbaiki jalannya pun masih saja tetap sepi.

  • Tahun 2014 hingga kini

Namun, berkat salah satu pengunjung pantai bernama Yusuf Adhitia, atau kerap disapa dengan Adhit, warga Gunng Kidul, yang melihat potensi pantai ini sangat menarik dan cocok untuk dijadikan obyek wisata, maka akhirnya pantai ini bisa dikenal luas dan menjadi viral.

Pada tahun 2013, setelah mendapatkan restu dan izin dari Pak Sawu (penduduk Pantai Nglambor) untuk mengembangkan pantai agar bisa lebih banyak pengunjung, maka Adhit memperkenalkan Nglambor lewat media sosial. Tak hanya itu, Adhit juga mengajak penduduk sekitar pantai untuk turut bekerja sama menghidupkan pantai.

Akhirnya pada tahun 2014 usaha Adhit membuahkan hasil dan bisa menyedot ribuan pengunjung setiap tahunnya dan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar.

Foto Wisata Nglambor
Foto Wisata Nglambor. Foto: @pantai_nglambor

Lokasi

Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Jogan dan Pantai Siung. Letak lokasi pantai ini berada di Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses dan jalan menuju lokasi inipun terbilang cukup mudah, dengan kondisi jalan yang sudah bagus. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan perjalanan.

Jika Anda berada di kawasan Malioboro atau berada di pusat kota Jogjakarta, maka rute Anda menuju pantai ini berjarak kurang lebih 77km dan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam untuk bisa sampai di pantai ini.

Atau untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan Online Maps yang ada di bagian Informasi diatas.

Baca Juga: Wisata Hits Jogja lainnya, Puncak Becici

Fasilitas Pantai Nglambor

Sebagai pantai yang sudah mahsyur namanya, tentunya fasilitas yang ada di sini juga kian hari kian ditingkatkan. Untuk sarana dan prasarana umum, Anda dapat menemukan toilet, mushola dan juga tempat makan.

Tersedia juga lahan parkir yang luas sehingga Anda tidak perlu bingung jika membawa kendaraan pribadi.

Wisata Pantai Nglambor
Wisata Pantai Nglambor. Foto: @niafitri21
Fasilitas
MushollaAda
Toilet / Kamar MandiAda
Warung MakanAda
Parkir MobilLuas
Parkir MotorLuas
Jalan Menuju LokasiBagus

Tiket Masuk Pantai Nglambor

  • Biaya Masuk

Harga yang dipatok oleh pengelola pantai untuk setiap pengunjung yang datang juga sangat terjangkau. Anda hanya memerlukan 6.000 saja untuk tiap orang.

  • Parkir

Selain tiket masuk, Anda juga harus menyiapkan dana untuk parkir. Tidak mahal, hanya 2000 saja untuk kendaraan roda dua dan 5000 untuk kendaraan roda empat.

  • Biaya Tambahan

Biaya ini sebenarnya adalah pilihan. Jika Anda menggunakan fasilitas lain yang ada di pantai. Besarnya tergantung dari tarif yang ditentukan pengelola.

Misalnya jika Anda menggunakan toilet, menyewa paket alat snorkeling dan wahana lainnya, maka semua belum termasuk di dalam tiket.

Harga Tiket Masuk
PengunjungRp. 5.000
Biaya Parkir Sepeda MotorRp. 2.000
Biaya Parkir MobilRp. 5.000
Sewa SnorklingRp. 50.000 – Rp. 75.000
Lokasi Pantai Nglambor
Lokasi Pantai Nglambor. Foto: @pantai_nglambor

Wisata Pantai Nglambor

Banyak yang bisa kita lakukan di pantai ini, beberapa aktifitas yang biasa dilakukan para pengunjung antara lain:

  • Snorkeling

Seperti yang sudah dibahas di atas, pantai Nglambor memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Untuk menikmatinya, Anda bisa menyewa alat snorkeling di tempat persewaan.

Ada dua tempat persewaan di sini. Namun, tiap persewaan hanya menyiapkan 30 alat saja untuk bisa digunakan selama 30 menit.

Jika Anda ingin menyewa, maka harus antri dengan pengunjung yang lain. Hal ini memang sudah menjadi tekad dari para pengelola.

Selain agar teratur, pembatasan alat ini juga dimaksudkan agar menjaga ekosistem pantai yang memang harus terus dilestarikan.

  • Spot Foto

Bagi Anda yang menggemari fotografi maupun suka berswafoto, tempat ini adalah surga bagi Anda. Ada banyak spot foto instagramable yang bisa Anda pilih.

Jalur trekking yang mengikuti kontur pantai menghasilkan pemandangan luas yang sangat indah. Anda bisa berjalan-jalan sekaligus berburu foto cantik di sini.

Demikian juga ketika sedang menyelam, Anda dapat mengabadikan momen bawah laut Anda dan menjadikannya kenangan yang indah.

Tentunya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal Anda juga bisa menyewa jasa foto bawah air.

  • Akomodasi

Jika Anda ingin menginap, ada banyak penginapan / hotel yang berada di sekitaran dekat pantai. Atau Anda bisa memilih untuk homestay di rumah penduduk yang tentunya ramah dan hangat.

Harga untuk penginapan ini juga sangat terjangkau. Namun pastikan Anda memesan terlebih dahulu agar tidak kehabisan kamar, terutama ketika musim liburan.

Tempat makan dan juga tempat berjualan cinderamata juga bertebaran. Minuman dan makanan ringan, hingga menu berat dan menu khas makanan laut bisa Anda temui di sini.

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan Anda. Selain itu, Anda juga bisa melipir sejenak ke beberapa pantai lain yang ada di dekat sini.

Leave a Comment