Pantai Indrayanti

Gunung Kidul, salah satu kabupaten di Yogyakarta, terkenal dengan dataran tinggi kapur, yang megah dengan beragam pantainya yang menakjubkan. Dan salah satu pantai di Gunung Kidul yang terkenal adalah Pantai Indrayanti.

Baik penduduk lokal maupun wisatawan luar kota dan mancanegara, biasanya datang ke pantai ini untuk menghabiskan masa liburan di akhir pekan, menikmati rekreasi keluarga, dan berolahraga air.

Nah, jadi penasaran kan, seperti apa sih sejarah pantai ini? Dan apa saja fasilitas yang dimiliki serta aktivitas apa yang bisa dilakukan di Pantai Indrayanti Jogja ini?

Informasi

AlamatDusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka24 Jam
Telp
MapsKlik Disini
gambar pantai indrayanti
Gambar Pantai Indrayanti. Foto: @pantai_indrayanti

Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai ini terletak di Desa Sidoarjo yang masih berada di kawasan Tepus, Wonosari.

Perjalanan menuju ke tempat ini bisa dikatakan mudah, karena bisa diakses menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor. Dan jalan menuju ke lokasi juga sudah terbilang bagus.

Jika Anda dari Malioboro maka untuk menuju ke Pantai Indrayanti membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Dengan jarak sekitar 70km.

Lokasi ini terletak berderetan dengan pantai-pantai lainnya di pesisir Samudra Hindia. Dan berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal dan Pantai Sundak.

Dan untuk memudahkan perjalanan Anda silahkan lihat peta lokasi di tabel informasi diatas

Sejarah Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai paling hits dan populer di Yogyakarta. Bahkan beberapa wisatawan menganggap sebagai pantai favorit dan recommended saat berwisata di Jogja.

Nah, mengenai sejarah dari pantai ini, secara singkat akan kita bahas di artikel ini.

Pada mulanya nama pantai Indrayanti ini adalah Pantai Pulang Syawal atau sering disingkat pantai Pulsa – nama yang diberikan oleh pemerintah setempat. Namun kini, banyak wisatawan yang lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Indrayanti.

Hal ini disebabkan karena nama tersebut merupakan nama pemilik sebuah rumah makan satu-satunya pada saat itu yang ada di sekitar pantai. Nama Indrayanti kemudian lebih dikenal oleh warga sekitar dan wisatawan lainnya.

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan selatan Yogyakarta, di pantai ini juga ada mitos-mitos yang berlaku.

Mitos tersebut adalah siapapun yang datang ke pantai ini menggunakan baju berwarna hijau, akan terseret oleh ombak karena disukai oleh Nyi Roro Kidul.

Oleh sebab itu, di tempat ini ada larangan untuk tidak memakai baju berwarna hijau atau warna serupa lainnya.

Namun, kabar ini hanya sebatas mitos yang tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah kebenarannya. Nyatanya banyak juga pengunjung yang sering menggunakan baju berwarna hijau sangat menikmati pantai ini.

Indrayanti tetap menjadi tempat alternatif yang tepat untuk menghabiskan liburan keluarga. Karena pantainya memiliki pasir putih dan ada banyak sekali fasilitas.

foto pantai indrayanti
Foto Pantai Indrayanti. @teguh_prayoga20

Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Untuk bisa menyusuri pantai dengan pasir putih yang eksotis ini, maka Anda perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Namun jangan khawatir, harga tiketnya sangat terjangkau kok..

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp. 10.000
Biaya Parkir Sepeda MotorRp. 2.000
Biaya Parkir MobilRp. 5.000
Sewa Jetsky per 15 MenitRp. 250.000
Sewa GazeboRp. 30.000
Toilet / Kamar MandiRp. 2.000
Baca Juga: Melihat Kemegahan Tebing Breksi Jogja

Aktivitas di Pantai

Setelah tiba di Indrayanti, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan seperti:

  • Menikmati Pemandangan

Pantai berpasir putih yang membentang dari Timur ke Barat ini mempunyai panorama yang indah. Pantai yang menakjubkan ini berpadu apik dengan air laut biru yang masih asli.

Pemandangan Samudra Hindia akan menghibur semua orang. Hal ini bagus sekali jika dibidik oleh kamera Anda sebagai foto gambar kenang-kenangan.

Selain indah, pantai ini juga cukup bersih, karena pengelola pantai ini memberlakukan denda pada setiap pengunjung jika ketahuan membuang sampah sembarangan.

  • Jalan-Jalan

Jalan-jalan sepanjang bibir pantai juga bisa dilakukan, sambil menyaksikan pemandangan lautnya yang indah dan eksotis. Pasir pantai ini juga bisa dikatakan sangat lembut dan nyaman digunakan untuk berjalan.

Semua orang bahkan bisa berjalan di pantai tanpa alas kaki. Jika lelah, Anda bisa menyewa gazebo dan menggunakan fasilitas lain di sana.

  • Jetsky

Bagi Anda yang suka dengan olahraga air, pengelola wisata juga menyewakan jetsky. Anda bisa menyewanya untuk menikmati keindahan pantai dari sisi lain.

Setelah menikmati asyiknya berselancar dengan jetsky, Anda bisa bermain dan menikmati ombak yang menyapu pantai atau bisa berjemur.

  • Berkemah

Hal berikutnya yang dapat dinikmati wisatawan di Pantai Indrayanti adalah berkemah. Garis pantai ini menyediakan beberapa tempat yang bagus untuk mendirikan tenda.

Anda hanya membutuhkan peralatan yang tepat untuk dibawa, sehingga bisa menghabiskan malam yang indah di pantai ini.

indrayanti jogja
Indrayanti Jogja. Foto: @nuvidians

Fasilitas di Pantai Indrayanti

Untuk memberikan kesan positif bagi para pengunjung, maka pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Indrayanti antara lain:

  • Rumah Makan

Lelah bermain di air dan berjemur? Tenang! Pantai ini menyediakan banyak sekali tempat makan. Setelah menikmati asyiknya jalan-jalan di pantai, Anda dapat beristirahat sejenak di rumah makan terdekat.

Rumah makan ini juga menyediakan berbagai makanan lokal khas Gunung Kidul, dan juga seafood yang enak dengan harganya yang murah.

  • Gazebo

Selain itu, pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti gazebo. Wisatawan dapat bersantai di gazebo sambil menikmati makanan dengan minuman kelapa segar.

Untuk bisa menikmati hembusan angin di pantai ini, selain Gazebo, Anda juga dapat menyewa payung dan tikar pantai, dengan biaya sekitar Rp10.000.

  • Tempat Penginapan

Jika Anda ingin menyaksikan matahari terbit (sunset) di wilayah Yogyakarta dari pantai ini, maka Anda bisa berkemah atau menginap.

Apabila tidak ingin berkemah, ada beberapa penginapan di sekitar pantai yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif.

Penginapan di Pantai Indrayanti

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke pantai untuk menikmati saat suasana sunset. Maka mereka datang pada sore hari.

Nah bagi mereka yang ingin sekaligus menginap dilokasi ini bisa mencari hotel yang lokasinya tidak jauh dari pantai, sehingga Anda juga bisa menikmati suasana pantai di malam hari. Tentunya dengan tarif penginapan yang terjangkau.

Beberapa penginapan yang bisa Anda sewa antara lain:

Daftar Homestay di Pantai Indrayanti
Penginapan Dua Putra0838 4012 8889
Walet Guest House0852 0017 5454
Limasan Mbah Darmo0813 2976 7117
Penginapan Joglo Watukelir0823 2737 7377
Penginapan Griya Watukelir0852 9262 0605
Penginapan Cemara Udang0813 2541 4441

Tips Wisata

  1. Siapkan jadwal perjalanan wisata Anda pada hari tersebut, agar rancana wisata Anda berjalan maksimal, tidak banyak waktu terbuang dan pasti menyenangkan.
  2. Perjalanan memakan waktu 2 jam, dan rute lokasi cukup banyak jalan berkelok dan tanjakan, meskipun jalan aspal sudah bagus. Maka cek kondisi kendaraan Anda, baik mobil maupun motor. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Waktu yang tepat untuk berwisata di pantai adalah pagi hari atau sore hari, saat sinar matahari tidak terlalu panas. Namun jika mengunjunginya saat siang hari, maka jangan lupa membawa kacamata, topi dan sunblock.
  4. Pastikan kondisi baterai HP atau Kamera dalam kondisi Full
  5. Jaga selalu keluarga Anda, terutama anak-anak dan orang tua. Saat long weekend dan masa liburan biasanya pengunjung lebih ramai.

Sudah penasaran sekali dengan pesona dan keindahan yang ada di Pantai Indrayanti?

Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mengunjungi pantai ini, ya!

 

Leave a Comment