Pantai di Jogja Yang Paling Bagus

Jogjakarta biasanya lebih dikenal sebagai Kota Pelajar dengan berbagai wisata budaya dan berbagai makanan khas yang menjadi andalan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Jalan Malioboro menjadi ikon Jogja yang cukup ramai dikunjungi dan menjadi pusat perbelanjaan cenderamata dari Jogja.

Namun tidak hanya yang telah disebutkan di atas, Yogyakarta memiliki destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik.

Pantai di Jogja Yang Paling Bagus

Berlokasi di Jawa Tengah, Jogja berhasil merebut perhatian masyarakat Indonesia hingga turis mancanegara dengan keindahan pantainya.

Banyaknya pantai yang cantik dan eksotis menjadikan Jogja menjadi Bali ke-2 di Indonesia.

Berikut beberapa pantai di Jogja yang Paling Bagus dan paling Instagramable:

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Yogyakarta
Pantai Nglambor

Jika Anda berencana mengunjungi Pantai Nglambor, Anda bisa mempersiapkan peralatan snorkeling Anda. Keindahan beragam biota laut dapat Anda saksikan di bawah sana.

Namun jangan khawatir, di pantai ini juga terdapat tempat penyewaan peralatan untuk snorkeling apabila Anda tidak memiliki atau malas membawa peralatan Anda. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Di Pantai Nglambor terdapat 2 batu yang cukup besar yang menjadikannya sebagai pemecah ombak, sehingga Anda tidak perlu takut untuk berenang dan snorkeling di Pantai Nglambor ini karena ombaknya yang tidak begitu besar.

Walaupun ombak di Pantai Nglambor ini tidak terlalu besar tapi Anda tetap perlu berhati-hati karena pantai ini termasuk wilayah pantai selatan yang dikenal memiliki arus yang kuat.

Pantai Nglambor terletak di Dusun Ngandong, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Membutuhkan sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Jogja atau Jl. Malioboro.

Cukup dengan Rp 5.000,- Anda sudah bisa menikmati indahnya Pantai Nglambor. Tidak hanya Pantai Nglambor, tapi Anda juga dapat mengunjungi Pantai Siung yang berada di sisi Timur Pantai ini.

Lokasinya memang sedikit lebih jauh, tapi Anda dapat menyewa ojek. Harga yang ditawarkan hanya Rp 5.000,- per orang.

Jika Anda ingin menuju pulau kecil di seberang pantai dengan jembatan akan dikenakan biaya Rp 30.000,-/orang sedangkan untuk Gondola Rp 90.000,-. Namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

AlamatPantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka24 jam
MapsKlik Disini

Pantai Indrayanti

Pantai indrayanti jogja
Pantai Indrayanti Jogja. Foto: @nuvidians

Pantai yang terletak di Selatan Gunung kidul ini merupakan destinasi wisata yang sempurna. Pantai yang dikenal dengan nama Indrayanti pada awalnya bernama Pantai Pulang Syawal.

Nama Indrayanti merupakan nama pasangan pemilik restoran dan kafe di tepi pantai itu.

Pantai ini juga terkenal dengan suasana pantainya yang romantis. Pasir yang putih bersih, laut yang mempesona, ditambah birunya langit dan fasilitas yang lengkap

Restoran dan kafe milik pasangan suami istri Indra dan Yanti ini ikut menambah keromantisan pasangan yang sedang berlibur sambil menikmati pemandangan pantai.

Tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 10.000,-/orang. Pantai ini buka selama 24 jam, dimana pengunjung dapat mengunjungi pantai ini kapan saja.

Sanksi di pantai ini berlaku setiap saat bagi siapa pun yang membuang sampah secara sembarangan. Denda yang diberikan mencapai Rp 10.000,-. Hal ini dilakukan demi menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung lainnya saat mengunjungi pantai.

Di sebelah kiri pantai terdapat tebing yang sudah terpasang pijakan kaki dan pengunjung dapat mendaki ke atas.

Pemandangan dari atas tebing sangatlah indah dan sayang untuk Anda lewatkan terutama saat matahari tenggelam. Anda dapat melihat pantai lebih luas lagi.

Pantai Indrayanti ini memiliki beberapa wahana antara lain bermain jetski. Anda dapat menyewanya dengan harga Rp 250.000,- selama 15 menit.

AlamatNgasem, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Jam Buka24 Jam
MapsKlik Disini

Pantai Drini

Pantai Drini Jogja
Pantai Drini

Pantai dengan pemandangan sempurna lainnya adalah Pantai Drini. Terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pulau kecil yang menyatu dengan pasir putih pantai ditambah birunya langit membuat pemandangan Pantai Drini semakin sempurna. Tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 10.000,- saja.

Di pantai ini, tidak sedikit pengunjung yang melakukan kegiatan memancing.

Terdapat tempat penyewaan alat pancing untuk memfasilitasi pengunjung yang tidak memiliki alat pancing. Pengunjung biasanya memancing ikan yang berada di pinggir pantai.

Harga yang ditawarkan untuk menyewa sebuah alat pancing lengkap dengan ember hanya Rp 20.000,-.

Selain kegiatan memancing, Anda juga dapat bermain kano. Anda dapat mengeksplor lebih jauh lagi Pulau Drini ini menggunakan perahu kano yang terbuat dari plastik.

Harga sewa untuk sebuah kano sekitar Rp 30.000,- hingga Rp 100.000,- dengan kapasitas hingga 2 orang saja.

Anda juga dapat menikmati keindahan Pantai Drini dari atas puncak yang bernama Puncak Kosakora. Untuk sampai ke atas Anda perlu energi ekstra karena jalanannya yang cukup terjal.

Cukup membayar biaya Rp 2.000,- hingga Rp 5.000,- saja Anda dapat menikmati keindahan 3 pantai yakni Pantai Drini, Pantai Baron, dan Pantai Kukup.

Anda dapat mendirikan tenda disini untuk melihat indahnya malam bertabur bintang dan sunrise saat pagi hari. Dan disini merupakan salah satu pantai di jogja yang enak buat ngecamp dan salah satu pantai di jogja yang cocok untuk camping. Untuk kuliner, tersedia banyak pilihan disini. S

Sehingga pantai ini layak dapat sebutan Pantai di Jogja yang Paling Bagus lainnya.

AlamatDesa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta
Jam Buka24 Jam
MapsKlik Disini

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran

Pantai di Jogja yang Paling Bagus selanjutnya adalah Pantai Ngobaran. Lokasi pantai ini berada di Desa Kanigoro, Saptosasi, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga tiket masuk ke pantai Ngobran hanya Rp 5.000,- saja dan Anda akan mendapatkan pemandangan yang mengesankan.

Ini adalah salah satu pantai terbaik lainnya di Jogja. Pantai Ngobaran terkenal dengan nilai toleransinya yang tinggi.

Di pantai ini terdapat pura yang berada dekat dengan mushola. Selain itu sering terdapat upacara ritual penganut aliran kejawen.

Mereka dapat beribadah secara berdampingan tanpa membuat keributan dan justru memupuk kedamaian.

Pantai ini memiliki pemandangan yang eksotik, terutama saat surut. Akan tampak perpaduan warna coklat dan hijau dari rumput laut yang cantik dan banyak bintang laut dengan terumbu karang berlapis alga.

Kerang dan landak laut menambah keberagaman biota laut yang dapat Anda lihat tanpa harus menyelam.

Akan terdapat banyak bangunan dan patung serta arca yang membuat pantai Ngobran tampak gagah. Tak jarang akan tercium aroma -aroma sesajen saat Anda mengunjungi pantai ini.

Tak perlu khawatir juga, fasilitas dan kuliner disini cukup lengkap.

AlamatJalan Ngobaran, Gebang, Kanigoro, Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871
Jam Buka24 Jam
MapsKlik Disini

Pantai Timang

Timang Beach
Timang Beach

Masuk dalam kategori pantai terbaik, tentunya pantai ini memiliki keunikan dibandingkan pantai lainnya.

Pantai ini memiliki kereta gantung yang akan memacu adrenalin Anda. Kereta gantung ini mengantar Anda menuju karang yang berada di tengah laut.

Pantai Timang berada di Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 10.000,- dan Anda dapat menikmati keindahan laut Pantai Timang.

Disini terdapat beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan, yaitu menguji nyali Anda dengan naik gondola dan naik jembatan gantung, dan Anda dapat bersantai menikmati hidangan laut serta berfoto cantik.

Fasilitas Pantai timang cukup lengkap. Pengunjung disediakan area parkir, toilet, dan tempat makan. Akses menuju pantai ini cukup sulit karena harus menggunakan jeep atau menyewa ojek setempat.

Anda tidak perlu meragukan keindahan pantai ini karena pemandangan sunset yang sangat menawan membuat siapa pun yang melihatnya akan luluh.

AlamatJl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
Jam Buka24 Jam
MapsKlik Disini

Nah, demikian beberapa destinasi wisata pantai di Jogja yang paling indah. Semoga pantai-pantai tersebut dapat menemani liburan Anda.

Leave a Comment