Museum Angkut Malang

Museum Angkut merupakan tempat wisata yang didirikan sebagai sarana edukasi sejarah umum alat transportasi yang pernah ada di Asia, Amerika, dan Eropa.

Museum Angkut ini memiliki review yang bagus dimana sebagian besar pengunjung mengatakan banyaknya spot foto dan tempat yang sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga dan edukatif.

Terletak di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, membuat Museum Angkut menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan yang sedang berkunjung ke Malang.

Informasi

AlamatJl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Jam Buka12.00 – 20.00 WIB
Telp(0341) 595007
MapsKlik Disini

"Wisata

Baca Juga: Menikmati Malam di Batu Night Spectacular

Wisata Museum Angkut Malang

Didirikan di atas lahan seluas 3,8 hektar, Museum ini memiliki lebih dari 300 jenis angkutan. Mulai dari transportasi kuno hingga jenis angkutan modern semua dengan informasi profilnya yang akan memberikan Anda banyak informasi dan pengetahuan.

Tata letak yang tepat membuat suasana Museum Angkut ini tampak hidup. Anda dapat mengabadikan momen-momen Anda di berbagai macam titik foto. Hal ini membuat foto Anda seolah tampak nyata.

Anda juga akan dimanjakan oleh entertainment show yang berlangsung di jam-jam tertentu.

Sebagai sarana edukasi dan hiburan, Museum yang terletak di Batu ini memiliki wahana Flight Simulator, dimana anda dapat merasa sedang menerbangkan sebuah pesawat sungguhan.

Zona Eropa
Zona Eropa

Nah selengkapnya akan dijelaskan lebih detail di 10 Zona Wisata di Museum Angkut.

10 Zona Wisata di Museum Angkut

Sebagai tempat wisata edukatif, Museum ini memiliki 10 Zona Wisata yang akan berbeda informasi dan pengalaman di setiap zona nya.

  1. Hall

Saat Anda masuk Museum Angkut pertama kali Anda akan disuguhkan sebuah ruangan yang berisikan beberapa transportasi dari seluruh dunia yang ditata dengan rapi.

Berbagai macam transportasi udara, darat, dan laut tersedia di zona hall ini.

Dengan koleksi transportasi dari berbagai wilayah waktu dan negara membuat hall ini menjadi rangkuman atau pengenalan umum sebelum pengunjung diajak untuk mengenal lebih banyak lagi.

  1. Zona Batavia dan Sunda Kelapa

Di zona ini, Anda akan melihat pelabuhan Sunda Kelapa di masa lalu. Interior dan desain detail miniaturnya dibuat semirip mungkin dengan aslinya sehingga pengunjung akan merasa masuk dalam zona waktu berbeda.

Anda akan merasa diajak melakukan perjalanan waktu Sunda kelapa dan Batavia dari masa lalu menuju masa sekarang.

  1. Zona Eropa

Di zona ini, Eropa diwakilkan oleh empat negara saja. Negara tersebut adalah negara-negara besar di Eropa seperti Jerman, Inggris, Italia dan Perancis.

Banyak mobil-mobil Inggris kuno yang dipamerkan di sini. Sebuah mobil Land Rover yang pernah digunakan Ratu Elizabeth II juga terpampang di zona ini.

  1. Zona Gangster
Gengster Town Angkut Malang
Gengster Town Angkut Malang

Zona ini cocok disebut zona gangster, dimana Al Capone menjadi subjek hidup saat itu. Lokasi yang digambarkan ada di kota Chicago pada tahun 1920.

Kisah gangster Al Capone diceritakan di zona ini. Pengunjung akan merasakan suasana tegang saat mulai mengikuti jejak-jejak kisah Al Capone.

  1. Zona Hollywood

Sekarang Anda cukup datang ke Museum Angkut untuk menikmati Hollywood yang berlokasi di Amerika. Replika berbagai kendaraan yang digunakan dalam pembuatan film box office Hollywood ada di sini.

Mulai dari mobil Batman dan mobil kuno dalam film Scooby Doo dapat anda saksikan dan Anda abadikan dalam gambar foto Anda.

  1. Zona Flight Simulator / Runway 27

Zona ini adalah tempat yang paling seru untuk dikunjungi. Bukan sebuah mobil atau kendaraan beroda lainnya, tapi sebuah pesawat.

Anda akan belajar untuk menerbangkan sebuah pesawat bersama kokpit pesawat.

Meskipun pada kenyataannya Anda tidak akan benar-benar menerbangkannya, tetapi Anda tetap akan merasakan sensasi dan momen yang tak terlupakan menerbangkan sebuah pesawat yang juga akan memacu adrenalin Anda.

  1. Zona Las Vegas

Las Vegas, kota yang tak pernah tidur ini ada di Museum Malang ini. Gerbang Selamat Datang di Las Vegas yang menakjubkan akan menyambut Anda saat Anda tiba di zona ini.

Tak perlu jauh-jauh mengunjungi kota yang megah, mewah dan gemerlap saat malam hari, Anda dapat merasakan sepenggal pengalaman berada di Las Vegas saat anda berada di lokasi wisata ini.

  1. Zona Edukasi

Sebagai tempat hiburan dan sarana edukasi, disini juga menyediakan zona khusus untuk pembelajaran. Karena lebih diperuntukkan anak-anak, maka bahasa dan penyampaiannya sangat mudah untuk dipahami.

Segala sesuatu yang informatif namun menyenangkan ada di zona ini. Hal tersebut membuat Museum ini sangat cocok untuk dimasukkan dalam agenda study tour anak-anak.

  1. Zona Indonesian Heritage

Senjata-senjata tradisional Indonesia dipamerkan di Museum ini. Ribuan alat-alat bersejarah tersebut tertata rapi dengan profil yang menjelaskan kegunaan dan asal alat tersebut dibuat.

Tidak hanya senjata tradisional milik Indonesia saja, namun senjata-senjata asing turut terpampang di museum  ini.

  1. Pasar Apung Museum Angkut

Menariknya, di Pasar Apung Museum Angkut ini Anda akan diajak bersantai sambil menikmati kuliner khas Nusantara. Anda dapat membeli makanan melalui penjual yang berada di atas perahu apung.

Konsep pasar apung ini membuat suasana makan Anda menjadi tidak seperti biasanya dan tentu saja sangat menyenangkan.

Anda juga dapat membeli souvenir di sini, sebagai kenang-kenangan atau cenderamata untuk teman-teman dan keluarga. Para pengrajin menjual hasil kerajinannya dan menjualnya di atas perahu apung juga.

China Town Museum Malang
China Town Museum Malang

Rute & Lokasi Museum Angkut

Anda tidak perlu bingung untuk mengunjungi wisata ini. Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi ini dengan kendaraan pribadi Anda, mobil atau sepeda motor. Perjalanan hanya ditempuh 15 menit dari Kota Malang.

Dari Stasiun malang ke Museum, Anda bisa naik angkot ADL dari arah Malang dan turun di Terminal Landung Sari, kemudian dilanjutkan dengan bus arah Jombang.

Bus ini melewati Museum Angkot, jadi katakan saja kepada supir jika Anda akan turun di Museum Angkot.

Lokasi destinasi wisata ini terletak di alamat Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Harga tiket masuk Museum relatif murah yaitu, Rp 80.000,- untuk semua hari baik weekday maupun weekend. Bagi pengunjung dengan tinggi badan di atas 85 cm akan dikenakan harga tiket normal.

Apabila Anda membawa kamera seperti polaroid, DSLR, Handycam, Kamera Digital dan semacamnya, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Kamera yang dapat dibawa yaitu smartphone.

Museum ini merupakan milik Jawa Timur Park Group yang menyediakan tiket terusan.

Paket Sakti (untuk 2 hari)       : Rp 375.000,-

Paket Sakti (Untuk 3 hari)      : Rp 450.000,-

Tiket tersebut berlaku sebagai tiket masuk ke Jatim Park 1, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Museum Angkut, Museum Tubuh, Eco Green Park, Predator Fun, dan Batu Night Spectacular.

Jam oprasional dibuka pada pukul 12.00 – 20.00 WIB.

Nah bagi yang membutuhkan Peta Museum Angkut, berikut ini adalah petanya.

"Peta

Fasilitas Wahana Museum Angkut

Berikut merupakan beberapa fasilitas yang tersedia di sini:

  • Alat transportasi berupa shuttle car
  • Adanya Lift untuk mempermudah penjelajahan
  • Tempat makan dengan sajian kuliner Jawa
  • Tempat isi baterai ponsel
  • ATM Center
  • Area merokok
  • Pusat Informasi
  • Mushola
  • Tempat penitipan barang
  • Area parkir

Terdapat juga hotel / penginapan dekat Museum ini sehingga menjadi poin plus untuk wisatawan.

Nah, demikian ulasan Tempat Wisata Museum Transportasi di Malang yang dapat menjadi bahan referensi Anda saat berwisata ke Malang, Jawa Timur.

Leave a Comment