Hutan Pinus Mangunan

Bagi masyarakat kota, beraktivitas di tengah lingkungan yang bising dan penuh hiruk pikuk keseharian mungkin membosankan. Nah, cara terbaik untuk menghibur diri tentu dengan berlibur. Salah satunya ke Hutan Pinus Mangunan, Imogiri.

Wisata alam sudah sejak dulu menjadi salah satu pilihan tempat yang paling digemari. Menikmati sunrise di puncak misalnya, sembari bercengkerama dengan orang terdekat.

Bagi warga Yogyakarta maupun wisatawan luar, melihat sisi lain kota pelajar ini patut dicoba. Seumpama menyambangi kawasan hutan pinus yang sejuk, atau sekadar ingin mengabadikan momen dengan foto yang keren.

Hutan yang memiliki ribuan pohon pinus yang menjulang tinggi ini memang menjadi salah satu obyek wisata utama di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Informasi

AlamatSukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783
Jam Buka06.00 – 18.00 WIB
Telp
MapsKlik Disini
Spot Foto
Spot Foto @hutanpinusmangunan

Lokasi Wisata Hutan Pinus Mangunan

Satu yang paling menarik adalah hutan pinus yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini berdiri sebagai kawasan ekowisata yang kini menjadi favorit banyak pelancong.

Lokasi hutan eksotis ini berada di wilayah Selatan dari Kota Jogjakarta, bisa ditempuh di dengan jarak 45 menit atau 25 km dari Pusat Kota Yogyakarta. Karena alamat terletak di Desa Mangunan, tempat ini kemudian dinamai Hutan Pinus Mangunan atau juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri.

Sebagai bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH), Hutan Pinus Mangunan punya sejarah yang cukup unik. Dibuka sejak tahun 2014, kawasan ini rupanya pernah menjadi tanah tandus.

Lantaran adanya eksploitasi kayu selama beberapa puluh tahun, pemerintah setempat mereboisasi wilayah. Setelah itu barulah difungsikan sebagai hutan lindung sekaligus tujuan wisata.

Tak hanya hutan pinus, di atas lahan seluas 500 ha itu, juga ditanami pelbagai pohon macam mahoni, kayu putih, kemiri, hingga akasia.

Mata Air Bengkung di pusat hutan, pinus juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Konon, Ia dipercaya sebagai tempat bertapa Raja Kesultanan Mataram, Sultan Agung Hanyakrakusumo.

Di samping itu, karena tidak ada transportasi publik, disarankan untuk menggunakan transportasi dari Malioboro ke Hutan Pinus Mangunan dengan kendaraan pribadi atau sewa.

Rute yang bisa Anda tempuh dari pusat kota adalah dengan melewati Jalan Imogiri Timur ke arah Makam Raja Imogiri. Sebelum makam, ambil arah kanan di pertigaan.

Selanjutnya ikuti jalur ke Desa Mangunan. Jarak Hutan Pinus Mangunan ke Malioboro sendiri memakan waktu sekitar 45 menit, dengan jarak tempuh kurang lebih 25 km. Waktu yang tidak terlalu lama.

Tiba di gerbang masuk, ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih sebagai jalan menuju pusat wisata. Salah satunya, dengan berjalan kaki dari lokasi parkir mengikuti jalur outbond Watu Abang.

Jika ingin menikmati pemandangan lebih lama, Anda bisa memilih jalan melingkar yang lebih jauh menggunakan sepeda atau motor.

Sunrise Hutan Pinus Mangunan
Sunrise Hutan Pinus Mangunan @tsanichiico

Spot Fot Keren

Jika Anda gemar mengambil potret untuk media sosial terlebih instagram, Hutan Pinus Mangunan punya banyak spot foto yang menarik. Pohon menjulang, cahaya matahari dari sela batang pohon, atau kabut di pagi hari misalnya.

Selain itu, beberapa rekomendasi spot foto berikut ini bisa Anda jadikan referensi untuk mengambil gambar terbaik.

  • Foto Saat Kabut

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk mendapat momentum ini. Anda bisa berangkat dini hari dari Yogyakarta dan menikmati matahari terbit di Hutan Pinus Mangunan.

Kabut akan muncul dan menyelimuti sebagian besar kawasan wisata. Jejeran pohon berwarna coklat akan terlihat, dan menambah kesan asri saat Anda mengambil gambar.

Waktu ini juga cukup baik bila Anda ingin menghindari kerumunan pengunjung yang terlalu padat. Terlebih saat musim liburan.

  • Foto di Atas Hammock

Mengambil foto di atas hammock adalah pilihan spot foto selanjutnya. Anda dan rekan bisa memasang hammock di antara batang pohon, lalu menyusunnya secara vertikal.

Spot foto ini banyak diambil traveler muda yang senang dengan nuansa tak biasa. Selfi di atas hammock atau mengambil gambar dari depan adalah pilihan yang baik.

Tapi ingat untuk selalu berhati-hati dan memasang hammock lebih kuat, agar Anda bisa mengambil gambar dengan aman. Atau Anda bisa menghubungi pengelola untuk meminta bantuan.

Hammock
Hammock, Salah satu daya tarik @gus_fendi
  • Foto Bangku Kayu

Satu lagi yang mengesankan dari Hutan Pinus Imogiri ini, yakni deretan bangku kayu melingkar dengan panggung di bagian tengah.

Lokasi ini, biasanya digunakan untuk konser musik, teater atau pertunjukkan hiburan lainnya. Namun saat tak ada acara, mengambil gambar di antara bangku kayu cukup unik.

Anda bisa berpose duduk di salah satu bangku dengan latar panggung yang luas. Ornamen kayu dari semua bagian panggung maupun kursi akan membuat foto Anda kian Instagenic.

  • Foto Taman Bunga

Bosan dengan latar pohon pinus, Anda bisa mencoba spot foto dengan taman bunga beragam warna-warni di salah satu sisi kawasan wisata.

Spot ini, sangat sesuai untuk tema pre wedding atau dengan pasangan Anda. Tersedia juga gardu pandang yang memungkinkan gambar dengan latar pemandangan yang lebih luas.

  • Foto saat Matahari Terbit

Momen terbaik yang juga bisa diabadikan di tempat ini adalah gambar Hutan Pinus Mangunan dengan latar belakang matahari terbenam, kesan eksotis dengan semburat warna jingga dari langit.

Anda bisa berdiri membelakangi matahari dengan siluet, atau potret dari bawah untuk mendapat gambar daun pinus dengan pola yang menawan.

Gambar Hutan Pinus Imogiri
Gambar Hutan Pinus Imogiri @piepitnaim

Harga Tiket Masuk

Jangan khawatir soal tiket masuk jika Anda ingin berlibur ke Hutan Pinus Mangunan, karena harga yang harus dikeluarkan sangat terjangkau.

Biaya masuk sebesar Rp 3.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan hutan pinus sepanjang hari. Khusus biaya parkir roda dua dikenakan tarif Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.

Bagi pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan, Hutan Pinus Mangunan juga terbuka untuk foto pre wedding. Dengan merogoh biaya Rp 50.000 saja, Anda sudah bisa memilih sendiri spot foto terbaik untuk hari terbaik nantinya.

Lokasi wisata ini buka sejak pukul 06.00 hingga 18.00. Jam operasional tersebut memungkinkan pengunjung menyaksikan matahari terbit juga terbenam.

Wedding di Hutan Pinus
Suasana pernikahan @anang_suhendri

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan

Ada beragam fasilitas yang dapat Anda gunakan di kawasan tersebut. Tentunya, akan membuat setiap pengunjung betah dan juga nyaman untuk berlama-lama di sini.

Fasilitas pertama yakni kawasan outbound yang sangat cocok bagi anak-anak. Sarana ini bisa digunakan tak hanya sebagai ajang bermain, namun juga edukasi yang atraktif.

Arena outbound bisa langsung Anda temui kala melewati gerbang masuk sebelum pusat wisata dekat hutan pinus.

Panggung musik dan teater juga tersedia. Sayangnya, acara ini tak setiap saat berlangsung. Hanya pada momen tertentu dari penyelenggara.

Selain itu, ada juga gardu pandang yang memudahkan Anda menikmati pemandangan luas. Lokasi ini, sangat cocok untuk menjadi spot foto dengan rekan, kerabat atau pasangan.

Kemudahan lain yang disediakan pengelola yakni mushola juga toilet yang cukup nyaman. Area parkir yang tersedia luas, bisa menampung puluhan kendaraan.

Jangan khawatir jika tak membawa makanan, karena tempat ini juga menyediakan makanan berat maupun ringan. Terdapat beberapa warung yang bisa disinggahi dengan harga terjangkau.

Fasilitas
MushollaAda
Toilet / Kamar MandiAda
Warung MakanAda
Parkir MobilLuas
Parkir MotorLuas
Jalan Menuju LokasiBagus
OutbondAda

Nah bagaimana, berminat menjadikan hutan pinus asri Mangunan sebagai destinasi liburan selanjutnya?

Mendatanginya, akan lebih baik jika turut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Berhati-hati juga membuang puntung rokok karena kawasan hutan yang rawan.

Leave a Comment