Goa Pindul Jogja

Mengikuti aliran sungai dan menyusurinya, serta lokasinya yang berada di gua-gua bawah tanah menjadi petualangan tersendiri dan pastinya memacu adrenalin, apalagi bisa menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmit di goa-goa yang terbentuk ribuan tahun silam.

Istilah tersebut saat ini kita kenal dengan Wisata Cave Tubing, atau olahraga rekreasi menjelajahi gua. Dan wisata Cave Tubing yang kekinian dan paling dicari saat para wisatawan berada di Jogjakarta adalah Goa Pindul Jogja.

Goa Pindul Jogja salah satu wisata gua yang berada di daerah Yogyakarta, khususnya di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta.

Panjang goa ini kurang lebih 350 meter, dengan lebar 5 meter, dan tinggi antara permukaan air dan atap gua mencapai 4 meter. Kedalaman air antara 5-12 meter.

Kita akan menyusurinya dengan menggunakan ban dalam truk besar (tube), dengan jaket pelampung sebagai pengaman, dan sudah disediakan pengelola. Jadi cukup safety.

Waktu tempuh untuk menikmati keindahan goa ini kira-kira 45 menit hingga 1 jam. Sehingga kita sangat puas melihat pemandangan-pemandangan di goa tersebut.

Penasaran dan mau tau lebih lanjut? Cek dulu informasinya yuk..

Informasi Goa Pindul Jogja

Jam Buka06.30 – 17.00 WIB
Harga Tiket MasukRp. 10.000 (Tiket Masuk Kawasan)
Rp. 35.000 (Tiket Masuk Cave Tubing Goa Pindul)
AlamatJl. Goa Pindul, Dusun Gelaran RT. 05, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Online MapsKlik Disini
goa pindul jogja alamat
Goa Pindul Jogja. Foto goapindulofficial

Sejarah dan Wisata

Sejarah gua pindul secara pasti tidak ada yang mengetahuinya, hanya kisah-kisah turun temurun yang bisa kita dapatkan. Namun dari masyarakat sekitar bisa kita dapatkan sekilas tentang asal usul gua ini.

Istilah Pindul sendiri merupakan singkatan dari kata “Pipi” artinya Pipi di wajah, dan “Kebendhul” yang artinya Terbentur.

Bermula dari kisah perjalanan Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertaniyang keduanya diutus oleh Panembahan Senopati Mataram, untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta Putri Panembahan Senopati.

Namun kedua abdi dalem tersebut sepakat untuk tidak membunuh bayi tersebut, dan membawanya kearah Gunung kidul.

Dalam perjalanan bayi ini menangis terus, dan keduanya sepakat untuk memandikannya terlebih dahulu, dan kejadian ini tepat di gua.

Saat dimandikan pipi sang bayi terbentur batu yang ada dalam goa. Peristiwa inilah akhirnya goa ini disebut Goa Pindul. Dan sekali lagi cerita ini hanya sebatas dongeng yang beredar di masyarakat sekitar.

Sebenarnya Gua Pindul ini sudah ada sejak dulu kala, dan terbentuk secara alami beribu tahun yang lalu.

Namun keberadaannya saat itu hanya sebatas gua yang terbengkalai, karena berbagai cerita mitos dan anggapan angker dari masyarakat sekitar. Mereka pun menggunakan nya hanya sebatas untuk aktivitas keseharian saja, misal mencuci, mandi, atau kegiatan yang lain

Hingga akhirnya keindahan gua ini ditemukan oleh beberapa mahasiswa UGM yang sedang meneliti bebatuan dan kedalaman goa.

Setelah meneliti dan menyimpulkan bahwa goa tersebut menyimpan potensi wisata yang layak untuk dikembangkan maka mereka mengusulkan untuk digali lebih lanjut potensi wisatanya dengan pemerintah setempat.

Gayung pun bersambut, akhirnya diadakanlah penelitian secara serius, terutama dari segi keamanan dan kelayakan.

Pada tahun 2010 Gua ini diresmikan dan dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata minat khusus. Hingga pada akhirnya anggapan angker serta mitos-mitos yang ada kini perlahan mulai hilang, seiring dengan banyaknya pengunjung yang selalu memadati wisata ini.

Keindahan Goa Pindul

goa pindul jogja sejarah
Goa Pindul Jogja

Keindahan goa ini bisa kita rasakan dari 3 tempat. Zona terang, zona remang, dan zona gelap. Yang masing-masing memiliki keindahannya sendiri.

Selain itu kita juga bisa menikmati indahnya kilauan air didalam goa tersebut. Air tersebut berasal dari sumber mata air gedong tujuh.

Keindahan lainnya berupa stalaktit dan stalakmit yang berukuran besar, bahkan beberapa stalaktit di goa ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Ornamen-ornamen alami yang melekat di dinding gua juga menjadi keindahan tersendiri, sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Alamat Goa Pindul Jogja

Gua Pindul terletak di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, tepatnya di desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Jika kita menggunakan kendaraan pribadi maka arah yang kita tuju adalah lewat jalan Wonosari menuju Bukit Bintang. Dan kurang lebih memakan waktu kurang dari 2 jam dari pusat Kota Jogja.

Untuk memudahkan Anda menuju lokasi, Anda bisa langsung menggunakan fasilitas maps di bagian Informasi diatas.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Gua Pindul sangat memanjakan para wisatawan, dengan jam buka dari jam 06.30 sampai jam 17.00 WIB setiap harinya, kita bisa sepuasnya bermain-main disini.

Sedikit tips untuk bisa menikmati seluruh area wisata ini yaitu datanglah sesaat setelah dibuka, karena di waktu-waktu tersebut pengunjung masih lumayan sepi. Terutama disaat long weekend, atau weekend.

Untuk bisa menikmati Wisata Gua Pindul ini kita tidak perlu khawatir, karena harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu:
1. Tiket Masuk Kawasan : Rp. 10.000 / orang
2. Tiket Cave Tubing Goa Pindul : Rp. 35.000 / orang

Oh ya, harga tersebut diatas bisa berubah kapan saja sesuai dengan kebijakan pengelola.

goa pindul jogja tiket masuk
Gambar Goa Pindul Jogja

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola antara lain:

  • Jaket Pelampung
  • Ban Tubing
  • Pemandu wisata
  • Warung-warung
  • Parkir yang luas
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Musholla

Tips Wisata Goa Pindul Jogja

  1. Waktu yang direkomendasikan ada pagi hari atau sore hari, saat matahari tidak menyengat.
  2. Mencari paket wisata atau pemandu wisata yang berpengalaman, sehingga bisa menjelaskan beberapa tips dan larangan selama menyusuri gua.
  3. Membawa pakaian ganti, peralatan mandi, dll
  4. Rencanakanlah peralatan yang ingin Anda bawa ketika penyusuran, misal kamera anti air, dll.

Nah, semoga informasi diatas bisa jadi referensi wisata Anda ya..

 

Leave a Comment