Eling Bening

Menyebut Semarang, orang-orang mungkin lebih identik mengenal daerah wisata sejarah atau religius seumpama Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah atau Lawang Sewu.

Ada juga, wisata makam para wali yang terkenal serta masjid kuno yang klasik. Namun saat ini, Semarang telah banyak membangun objek wisata modern yang berbeda.

Menyasar pengunjung dari kawula muda atau milenial, konsep yang ditawarkan dominan untuk spot foto yang instagenic, klasik namun elegan. Salah satunya adalah objek wisata Eling Bening Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

Tema utama wisata ini sebenarnya adalah restoran. Bukan restoran biasa tentunya, melainkan tempat makan yang berada di ketinggian Bukit Ngrawan.

Informasi

AlamatJl. Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50661
Jam Buka08.00 – 18.30 WIB
Telp085729565656
MapsKlik Disini
wisata ambarawa eling bening
Wisata Ambarawa Eling Bening
Baca Juga: Cimory Semarang, Wisata Edukasi Menarik untuk Anak

Wisata Eling Bening

Pertama kali dibangun, Eling Bening membawa konsep restoran keluarga dengan wisata alam di atas bukit. Pemandangan utama yang disajikan adalah Danau Rawa Pening di sekitar kaki gunung.

Rawa Pening sendiri merupakan danau yang dikelilingi tiga gunung yakni Andong, Telomoyo dan Merbabu. Danau yang berada di cekungan terendah dengan pemandangan eksotis.

Dibuka sejak tahun 2015, Eling Bening nyaris tak pernah sepi pengunjung terutama ketika akhir pekan. Selain menyantap makanan, melihat panorama menawan menjadi daya tarik utamanya.

Ada banyak objek gambar menarik yang bisa diambil di sini, termasuk di kawasan pendakian, outbound, hingga kolam renang. Maka tak heran jika Eling Bening kini menjadi objek wisata favorit pelbagai kalangan.

Beberapa waktu terbaik menikmati tempat ini adalah pagi dan sore hari, saat matahari terbit dan terbenam. Udara yang sejuk dan pemandangan indah yang selaras membuat Eling Bening patut dikunjungi.

Alamat dan Lokasi

Jika Anda minat berkunjung, maka Eling Bening Ambarawa berada di Jl Sarjono, Bawean, Kabupaten Semarang, Jawa Timur. Jika menggunakan GPS, Anda bisa mematok lokasi tepat di Bukit Ngrawan.

Jika berangkat dari Pusat Kota Semarang, Anda harus menempuh jarak setidaknya 36 km dengan rute Jl Semarang menuju Surakarta, dengan estimasi waktu 60 menit.

Sementara bila Anda berangkat dari Pusat Kota Salatiga cukup menempuh jarak 16 km, dengan durasi 220 menit melewati Jl Nasional 16.

gambar eling bening bawen
Gambar Eling Bening Bawen. Foto:eling_bening

Harga Tiket Masuk dan Jam buka

Tiket masuk Eling Bening Ambarawa berkisar Rp 18.000 per orang, dan bebas mengelilingi kawasan. Uniknya, harga tiket tersebut bisa ditukar dengan soft drink.

Untuk jam operasional, Eling Bening buka sejak pukul 08.00 hingga 18.30 untuk weekday, sementara weekend atau libur buka sejak 07.30 hingga 18.30.

Waktu tersebut memungkinkan pengunjung menikmati kudapan makanan pada malam hari di resto, sambil melihat pemandangan. Ada ratusan lampu warna-warni yang siap memanjakan mata Anda di momen ini.

Daya Tarik Eling Bening

Wisata ini juga kerap disebut Eling Bening Salatiga, destinasi wisata ini punya banyak wahana dan fasilitas menarik yang bisa digunakan. Opsi ini, tentu akan membuat Anda betah berlama-lama.

  • Kolam Renang Terbuka

Salah satu favorit banyak pelancong di sini adalah tersedianya kolam renang terbuka tepat di pinggiran bukit. Pemandangan alam dari atas ketinggian menjadi pemandangan utama yang tersaji.

Anda bisa memilih berenang saat pagi atau sore hari untuk waktu yang baik, sekaligus menyegarkan pikiran dan tubuh. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, Anda cukup merogoh saku sebesar Rp 20.000.

Terdapat juga bagian kolam dangkal yang cocok untuk anak-anak. Kolam ini bisa digunakan sesuai dengan jam buka lokasi wisata.

Kolam Renang Eling Bening Resort
Kolam Renang Eling Bening Resort
  • Arena Outbond

Hal menarik lain dari tempat wisata ini adalah kawasan outbound yang terbagi dalam beberapa area. Beberapa yakni olahraga panah, area pendakian bukit, hingga flying fox.

Kedua arena terakhir cocok bagi Anda yang senang melihat pemandangan dan uji adrenalin. Kendati demikian, kawasan outbound hanya dikhususkan bagi anak-anak. Sementara orang tua akan diminta cukup menunggu di batas masuk kawasan outbound.

  • Dua Jenis Playground

Fasilitas yang juga menjadi favorit pengunjung adalah playground yang berada di salah satu sudut restoran. Lahan terbuka dengan rumput hijau, disediakan pengelola sebagai arena santai dan bermain.

Bisa digunakan bagi orang dewasa dan anak-anak, playground ini juga memungkinkan untuk kegiatan kelompok macam organisasi, instansi perusahaan, hingga sekolah.

Tak sedikit pula pengunjung yang menggunakannya dalam acara gathering. Selain lapangan, playground berupa kolam dangkal dengan ketinggian air 15 cm yang kerap digunakan anak-anak bermain.

Ice Cream Garden Resto
Ice Cream Garden Resto
  • Garden Resto

Ada beberapa konsep restoran yang berdiri di Eling Bening. Selain restoran utama tepat di bawah atap gedung, ada juga restoran dengan konsep Garden Resto.

Konsep ini lebih santai dengan kursi plastik yang menghadap tepat ke arah pemandangan. Garden Resto banyak digunakan dalam acara kumpul keluarga dan rekan kantor, lengkap dengan fasilitas pemanggang outdoor.

  • Taman Bunga

Pada beberapa sudut kawasan, terdapat taman bunga asri yang elok. Meski tak terlalu besar jika dibandingkan dengan taman bunga lain, lokasi ini bisa menjadi spot foto yang menarik.

Taman menyerupai pola khusus dengan petak-petak kecil yang ditanami bunga sejenis. Ada beragam bunga dengan kelopak berwarna indah.

Deretan bunga ini terpisah pada masing-masing warna yang sama, dalam satu kelompok. Anda tentu bisa memilih layar dengan warna yang diinginkan.

Meski kecil, taman bunga di Eling Bening akan bertambah elok dengan pemandangan Danau Rawa Bening yang berada tepat di belakangnya.

  • Spot Selfie

Selain fasilitas di atas, Anda bisa menjajah sisi objek wisata lain dan menjadikannya spot foto yang menarik. Pengguna aktif media sosial tentu tak bisa melewatkan pemandangan ini. Karena spot-spot yang Instagramable cukup banyak disini.

Yang paling favorit adalah berdiri di sisi pembatas dengan dua latar gunung yang berdampingan. Jangan lupa memotret dari atas agar mendapat sudut danau dengan jelas.

  • Perahu Naga

Beberapa fasilitas memukau tambahan lainnya adalah replika perahu naga yang dipasang menjorok di tebing. Replika perahu raksasa ini bisa menampung puluhan orang, dengan hamparan pohon dan rumput hijau.

Berfoto di atasnya akan menimbulkan efek perahu di atas awan. Waktu terbaik berfoto di Eling Bening Bawen adalah saat matahari terbenam, dengan semburat merah yang dominan.

wahana perahu naga
Wahana Perahu Naga. Foto:@eling_bening
Baca Juga: Menikmati sejarah Semarang di Kota Lama Semarang

Daftar Menu dan Harga

Menu makanan di Eling Bening Ambarawa punya harga yang bervariasi, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 80.000. Daftar harga makanan yang relatif terjangkau untuk lokasi yang memukau.

Beberapa makanan berat maupun kudapan tradisional dan modern tersaji di sini. Beberapa rekomendasi yang paling banyak digemari adalah varian seafood.

Untuk minuman, ada beberapa pilihan yakni es, wedang, jus, kopi serta teh. Harga yang dipasang mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Selain review di atas, mencari penginapan berupa hotel Eling Bening tidak sulit. Terdapat puluhan hotel yang bisa Anda pilih di sekitar tempat wisata ini.

Untuk harga, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan fasilitasnya, dengan kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 800.000 per malam.


 

Leave a Comment