Coban Talun

Kota seribu wisata merupakan sebutan yang cocok untuk Kota Malang. Terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang harus Anda kunjungi disana.

Banyak diantaranya menghadirkan tempat wisata alam yang sejuk dan jauh dari bisingnya kota.

Tempat wisata alam dipercaya mampu menghilangkan stres dari rutinitas pekerjaan, kemacetan jalan, suara-suara bising perindustrian dan memberikan udara yang segar menggantikan polusi udara.

Tidak hanya untuk dinikmati, tempat wisata alam juga perlu dilestarikan dan dijaga kebersihannya agar manfaatnya dapat dirasakan semua orang yang ingin melepas lelah sejenak.

Mengingat banyaknya tempat wisata alam di Malang, ada satu tempat yang dapat masuk dalam pilihan destinasi wisata Anda. Tempat tersebut adalah tempat wisata Coban Talun.

Informasi

AlamatDusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336
Jam Buka07.00 – 17.00 WIB
Telp
MapsKlik Disini
rumah oyot
Rumah Oyot. @cobantalun
Baca Juga: Eco Green Park

Wisata Coban Talun

Berwisata di Coban Talun, Anda sebaiknya mengunjungi juga Rumah Oyot. Rumah Oyot adalah lokasi yang berisikan salah satu dari wahana wisata dari Coban Talun ini, seperti taman bunga, penginapan dan lainnya. Rumah Oyot ini dibangun di atas lahan seluas 1,5 ha yang dimulai oleh ide dari penduduk sekitar.

Goa Jepang

Sesuai namanya, Goa Jepang ini merupakan peninggalan jaman penjajahan Jepang. Memiliki ke dalaman 10 meter dan lebar 2 meter, Goa Jepang memiliki suasana yang mistis dan mencekam.

Goa ini menjadi saksi bisu dari penjajahan Jepang yang dulunya dimanfaatkan sebagai tempat pertahanan dari penjajah.

Taman Bunga

Taman bunga ini juga menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Anda Akan melihat keindahan bunga yang berwarna-warni dengan hiasan payung-payung di atas saat Anda berjalan.

Dekorasi yang disajikan membuat suasana tempat ini menjadi romantis. Tak jarang banyak pasangan yang memilih taman bunga ini menjadi salah satu spot foto pre-wedding mereka.

Wahana Permainan

Tempat wisata Coban Talun menyediakan wahana permainan bagi mereka yang menyukai tantangan.

Anda dapat menyewa ATV disana. Hanya dengan 30 ribu rupiah saja selama 15 menit, Anda dapat dengan puas berkeliling sambil menaklukkan lintasan ATV .

Penginapan Unik

Jika Anda ingin bermalam di Coban Talun, Anda tidak perlu khawatir dimana Anda akan tidur. Lokasi ini menyediakan perkemahan alam atau bumi perkemahan yang membuat Anda merasa semakin menyatu dengan alam.

Apache Camp, salah satu nama yang digunakan untuk mendeskripsikan tempat penginapan di wisata ini. Apache Camp merupakan perkemahan  yang berada di kampung Indian Coban Talun.

Sensasi menginap yang tidak biasa membuat pengalaman liburan Anda menjadi tidak terlupakan.

Dengan kemah yang berbentuk seperti rumah penduduk Indian, membuat perkemahan ini menjadi semakin unik dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Selain Apache Camp, terdapat juga Pagupon Camp. Pagupon Camp berbentuk seperti sangkar burung dengan hiasan bunga-bunga dan tanaman di sekitar penginapan ini.

Penginapan ini tampak lebih modern dibandingkan Apache Camp. Namun keduanya memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari kamar mandi,  tempat tidur, selimut, dan lainnya.

Jumlah penginapan ini hanya tersedia 5 rumah saja.

Apache Camp
Apache Camp

Toko Souvenir

Tidak sah rasanya apabila Anda mengunjungi tempat wisata ini tanpa membawa pulang cenderamata. Coban Talun menyediakan sovenir-sovenir dengan hiasan gambar atau tulisan khas tempat wisata ini.

Mulai harga 10 ribu rupiah Anda dapat membawa kenang-kenangan seperti aksesoris, baju, dan perlengkapan lainnya.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga tiket masuk tempat wisata ini cukup terbilang relatif murah. Dengan 10 ribu rupiah Anda dapat menikmati keindahan alam Coban Talun yang memukau.

Untuk parkir mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah dan untuk biaya parkir motor sebesar 5 ribu rupiah saja.

Rute & Lokasi Coban Talun

Lokasi Coban Talun terletak di alamat Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan melalui Surabaya, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda menuju Mojokerto hingga Anda menemukan pertigaan dengan Tugu Adipura di tengahnya lalu belok menuju jalan Airlangga.

Dari jalan Airlangga Anda akan diarahkan dengan bantuan papan penunjuk jalan yang terpasang jelas di setiap persimpangan jalan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi peta pada ponsel pintar Anda.

Wisata Air Terjun Coban Talun
Wisata Air Terjun Coban Talun

Jika Anda menggunakan transportasi Umum, Anda dapat menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Malang. Dari Stasiun Malang, Anda bisa menggunakan angkot arah Terminal Arjosari dan dilanjutkan Angkot arah Terminal Landungsari.

Kemudian lanjutkan perjalanan Anda dengan angkot menuju Terminal Batu dan pilihlah angkutan berwarna oranye yang mengantarkan Anda ke Tempat Wisata ini.

Akses jalan yang ditempuh cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk menemukannya.

Apabila Anda mengunjungi Coban Rais dan ingin melanjutkan ke Coban Talun, jarak Coban Rais ke Coban Talun membutuhkan waktu sekitar 35 menit dengan kendaraan pribadi.

Air Terjun Coban Talun

Seperti coban-coban lainnya, Coban Talun adalah destinasi wisata air terjun atau istilah lainnya adalah waterfall.

Coban ini menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal bagi para pecinta alam dari kalangan turis lokal hingga turis mancanegara.

Memiliki suhu yang sangat dingin, berkisar 18 – 23 derajat Celcius. Tentunya dengan suhu tersebut, Anda perlu membawa jaket atau penghangat tubuh lainnya.

Suhu yang dingin ini disebabkan karena tempat wisata Coban Talun ini berada 950 meter tingginya di atas permukaan laut atau dapat disebut dataran tinggi.

Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian berkisar 75 meter yang membuat air terjun ini tampak jatuh dengan indah. Semakin tinggi air terjun, semakin indah pula penampakan air yang jatuh.

Wisata Air Terjun Talun
Wisata Air Terjun Talun. @cobantalun

Curah hujan Coban ini berkisar 1800mm/tahun.

Keindahan air terjun Coban Talun ini tidak terbantahkan jika Anda melihat foto-foto maupun gambar yang dikirim oleh sejumlah pengunjung.

Pusat air yang terjatuh dari satu titik ke atas bebatuan besar dan kemudian membentuk air terjun mini dan dikelilingi oleh bebatuan yang ditumbuhi oleh tanaman rambat hijau menjadi pemandangan yang sangat indah.

Saat musim hujan tiba, air terjun akan menjadi semakin deras dan semakin menambah keindahan tempat wisata ini. Namun saat air terjun menjadi deras Anda perlu lebih waspada lagi.

Anda akan merasa seperti berpetualangan ke pelosok hutan rimba yang belum terjamah manusia. Kebersihan dan keikutsertaan menjaga keindahan alam menjadi poin penting saat mengunjungi tempat wisata alam.

Tidak hanya air terjun, obyek wisata ini juga terkenal dengan hutan pinusnya. Hutan pinus inilah yang mengeluarkan aroma segar yang merileksasikan pikiran Anda. Biasanya aroma pinus dijadikan sebagai aroma terapi.

Hutan ini termasuk hutan lindung, sehingga siapa pun tidak diijinkan untuk menebang pohon maupun memburu hewan-hewan yang ada di dalam hutan ini.

Ketika Anda membicarakan tempat wisata Coban Talun, pasti akan terdapat banyak komentar dan cerita misteri dari Coban ini. Banyak mitos-mitos yang tersebar dan sebagian besar diceritakan oleh pengunjung disana maupun penduduk lokal.

Dengan cerita-cerita mistis tersebut, calon pengunjung menjadi semakin penasaran dibuatnya sehingga setelah mitos tersebut muncul dan beredar luas, tak lama kemudian Air terjun Talun menjadi cukup terkenal.

Di balik keindahannya, beberapa dari pengunjung mengatakan suasana wana wisata yang sedikit mencekam membuat kawasan tersebut tampak sedikit angker.

Namun jangan khawatir, selama Anda tetap mengikuti instruksi guide lokal dan percaya dalam perlindungan Yang Maha Kuasa maka semua akan baik-baik saja dan Anda dapat menikmati semua keindahan alamnya.

Nah, demikian referensi untuk liburan Anda. Wisata Coban dapat menjadi salah satu opsi kunjungan Anda saat berada di Malang.

Leave a Comment