Cimory Semarang

Wisata edukasi, belakangan punya daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan. Dibukanya lokasi tersebut tak hanya sebagai tempat relaksasi, melainkan untuk memberi wawasan tambahan bagi para pengunjungnya.

Jenis wisata ini memang sangat baik bagi pengembangan kompetensi, merangsang minat serta kreatifitas, terutama bagi anak. Ketimbang berkutat dengan pembelajaran sekolah yang monoton, anak-anak bisa belajar hal baru dengan metode berbeda.

Semarang, Jawa Tengah menyediakan sarana hiburan tersebut, tepatnya dengan nama Cimory On The Valley. Masyarakat sendiri lebih akrab menyebutnya Cimory Semarang.

Informasi

AlamatJl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah 50552
Jam Buka09.00 – 17.00 WIB
Telp(024) 6921818
MapsKlik Disini
MiniMania Cimory
MiniMania Cimory. Foto:@anitacitt
Baca Juga: Berburu Foto Wisata Unik di Ayana Gedongsongo

Wisata Cimory Semarang

Nah, yang menak dari Cimory Semarang adalah memadukan konsep wisata alam sekaligus edukasi dalam satu tempat yang sama. Di dalamnya, bahkan terdapat pabrik susu terkenal yang juga memproduksi yoghurt dengan kualitas tinggi.

Terdapat ratusan ekor sapi perah yang diternakkan di tempat wisata ini, dan dikelola pemerintah setempat. Pabrik ini juga yang menjadi salah satu sumber pendapatan warga sekitar.

Bisa dibilang, Cimory Semarang adalah wisata anak yang paling banyak dikunjungi terlebih saat musim libur sekolah. Lokasi wisata ini, juga berdiri di atas lahan seluas 1,7 hektar.

Lokasi tepatnya berada di kawasan Bawen, Semarang dengan daya tarik keindahan alam serta taman bermain anak. Anak-anak bisa dengan mudah menikmati olahan susu sapi, termasuk yoghurt juga coklat.

Pada spot Cimory, Anda bisa melihat ragam hewan macam rusa, burung hingga kura-kura yang dipelihara dengan baik. Selain itu, macam tumbuhan tumbuh subur sekaligus menjadi objek edukasi.

Perawatan flora dan fauna memungkinkan anak-anak mengenal jenis sayuran dan tumbuhan lainnya, pun pada kolam ikan besar yang dibangun.

Alamat dan Lokasi Cimory Semarang

Untuk mengunjunginya, alamat Cimory Semarang berada tepat di Jalan Raya Soekarno Hatta No.KM. 30, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di pinggir jalan penghubung Solo – Semarang

Guna mengikuti aksesnya, Anda perlu menempuh jarak setidaknya 25 kilometer dari Kota Semarang. Sedangkan jika dari Salatiga lebih dekat, Anda hanya perlu jarak tempuh 18 km untuk sampai di kawasan wisata.

Cimory Bawen
Cimory Bawen. Foto:@herriprastyo

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Nah, selanjutnya mengenai harga tiket masuk, pengelola menyediakan beberapa kategori berbeda dan harga paket wisata, yakni:

Harga Tiket Masuk
HTM CimoryRp. 15.000 / orang
HTM Mini ManiaRp. 10.000 / orang
HTM Kandang SapiRp. 10.000 / orang
Makanan HewanRp. 5.000
Cimory TourRp. 60.000 / orang
ChocomoryRp. 75.000 / orang

Harga tersebut terbilang pasti dan tidak akan mengalami perubahan termasuk ketika musim libur panjang tiba.

Bagi Anda yang berminat mengunjungi Cimory Semarang, tidak memiliki batas hari karena wisata ini buka setiap hari termasuk pada hari kerja.

Jam Buka
Senin s.d KamisPukul 08.00 – 21.00 WIB
Jum’at s.d MingguPukul 08.00 – 22.00 WIB
Cimory On The Valley
Cimory On The Valley. Foto:@tiyaristi_m

Daya Tarik Cimory Semarang

Menilik sejarah Cimory, destinasi wisata jenis ini sudah lebih dulu ada di Bogor menggunakan nama Cimory Mountain View. Pendiri mulanya adalah Bambang Sutantio sejak tahun 2004.

Ia, ketika itu memang punya keinginan yang besar untuk membuka ternak sapi pribadi di Bogor. Terlebih, harga susu sapi kala itu yang terbilang rendah.

Kondisi ini pula yang membuatnya tergerak untuk turut membantu kesejahteraan hidup para peternak sapi. Seiring waktu ternak sapi miliknya diubah menjadi kawasan wisata.

Tingginya peminat di kawasan tersebut, pada akhirnya membuat pengelola membuka cabang dengan Cimory Bawen, Kabupaten Semarang. Uniknya, jenis sapi di sini bukan tipe lokal dengan warna polos.

Melainkan, sapi impor dengan corak hitam putih atau coklat selayaknya sapi perah dengan kualitas tinggi. Selain peternakan, arena yang juga terkenal macam playground, toko serta restoran.

Pengunjung bisa mengelilingi seluruh area pabrik, melihat proses perah sapi, hingga meminum susu sapi murni. Anda juga akan disajikan video edukatif tentang proses produksi susu serta manfaatnya.

Untuk mengikuti seluruh proses tersebut, Anda bisa memesan paket wisata Cimory Dairy Tour. Paket ini, memungkinkan pengunjungnya memperoleh edukasi sekaligus praktek pembelajaran.

Lokasinya yang berada tak jauh dari Gunung Ungaran, membuat tempat wisata ini menyajikan udara sejuk yang menenangkan. Lokasi yang sangat tepat rehat dari banyak aktivitas, bahkan bagi orang dewasa.

Kudapan Manis di Restoran

Menyambangi Cimory tak akan lengkap tanpa mencoba ragam kudapan sehat yang manis serta makanan lainnya. Tersedia beberapa restoran yang patut Anda coba di sini.

Satu yang paling terkenal adalah konter khusus yang menjajakan aneka coklat, Chocomory. Ini tentu menjadi surga bagi anak-anak yang memasukinya.

Jangan khawatir soal kualitasnya, karena wisata ini memproduksi coklat asli yang dibuat menjadi pelbagai kudapan manis. Sebut saja permen, serbuk, kacang coklat dan olahan coklat lainnya.

Wisata Dekat Cimory

Selain review Cimory Semarang di atas, ada belasan destinasi wisata dekat Cimory yang bisa Anda kunjungi. Opsi ini, tentu berguna jika ingin menjajah lokasi berbeda.

Pertama adalah Umbul Sidomukti, wisata air dengan kolam besar di atas pegunungan. Anda tak hanya akan dimanjakan oleh panorama hijau di atas ketinggian, tapi juga bersantai dalam kolam renang.

Masih berada di kawasan yang sama yakni Bawen, Anda bisa menyempatkan menikmati Danau Rawa Pening. Ini adalah danau tenang dengan deretan gunung yang mengitarinya.

Hal ini lantaran Danau Rawa Pening berada di cekungan terendah Gunung Merbabu, Ungaran hingga Telomoyon. Anda juga bisa melihat hamparan eceng gondok yang ada di setiap sudut sungai.

Berikutnya ada Air Terjun Curug Lawe yang berada di Jl Limbangan. Air terjun jernih yang tersaji dengan ketinggian puluhan meter akan memanjakan mata Anda.

Jika ingin menikmati banyak destinasi wisata, Anda bisa memilih hotel dekat Cimory Semarang. Beragam fasilitas dan harga tersedia tergantung kebutuhan dan kapasitas Anda.

Wahana Anak
Wahana Anak. Foto:@cimoryotv

Daftar Menu dan Harga Restoran

Terdapat restoran yang bisa Anda dan anak-anak coba di sini. Harganya variatif namun cukup terjangkau, di kisaran 20 ribu hingga 50 ribu untuk makanan.

Sementara minuman dibanderol kisaran 12 ribu hingga 28 ribu. Berikut ini daftar menu dan harga lengkap makanan dan minuman.

Daftar Makanan
Chicken steakRp. 41.900
Steak burger Asian styleRp. 42.000
Fish and chipRp. 42.900
Cheese burger steakRp. 45.900
Chicken MarylandRp. 43.900
Chicken cordon bleuRp. 44.900
French friesRp. 20.000
Potato wedges & cheeseRp. 25.500
Daftar Minuman
Mango MixRp. 20.000
Blueberry MixRp. 20.000
Strawberry MixRp. 18.000
Peach MangoRp. 12.000
StrawberryRp. 12.000
Green TeaRp. 12.000
Mocca JellyRp. 26.000
Oreo VanillaRp. 26.000
CappuccinoRp. 26.000

Dan masih banyak lagi menu-menu yang lain. Meski dengan harga standar, sederet menu di atas punya cita rasa yang baik. Anda dan keluarga bisa menikmatinya usai kunjungan di seluruh kawasan wisata.

Leave a Comment