Batu Flower Garden

Wisata alam di banyak daerah di tanah air kini terus dikembangkan. Minat masyarakat yang senang berlibur dengan nuansa asri dan alami menjadi peluang tersendiri bagi sektor pariwisata. Dan salah satunya adalah Batu Flower Garden.

Peluang ini jugalah yang dilihat pemerintah Jawa Timur, khususnya Kota Malang sebagai kesempatan yang baik. Salah satunya dengan memanfaatkan bermacam objek wisata.

Informasi

AlamatOro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151
Jam Buka07.00 – 15.00 WIB
Telp085285729354
MapsKlik Disini
flower garden
Rumah Hobbit @batuflowergarden.cobanrais
Baca Juga: Wisata Murah di Alun-Alun Batu

Batu Flower Garden

Batu Flower Garden yang dibuka sejak tahun 2016 lalu ini misalnya, kini menjadi satu dari destinasi alam favorit warga Malang, hingga turis domestik dari luar daerah.

Berada tepat di Kota Batu tepatnya, 15 km dari Kota Malang. Lokasi ini berdiri sebagai kawasan wisata bunga yang cukup luas dengan beragam wahana dan fasilitas.

Kota Batu sejauh ini memang dikenal sebagai daerah dengan jenis wisata yang beragam, seperti Jatim Park, Batu Night Spectacular hingga Coban Rais Kota Batu.

Mengusung tema yang beda, Flower Garden Batu didirikan dengan memadukan konsep wisata alam, spot foto serta wahana bermain. Seluruh wahana tersebut bisa digunakan hanya dengan mengunjungi satu tempat saja.

Sebagaimana namanya, Batu Flower Garden menyediakan wisata bunga yang menawan. Ada berbagai jenis bunga dan tanaman berwarna-warni yang ditanam di atas pola unik.

Deretan gunung, pohon hijau juga wahana hiburan tentu sangat cocok untuk acara liburan keluarga, pasangan hingga rekan sejawat untuk melepas kejenuhan.

Berada tepat Lereng Gunung Panderman, objek wisata ini berada di ketinggian 1000 mdpl. Lokasi yang sangat sesuai bagi Anda yang penat dengan aktivitas sehari-hari.

Apabila tertarik untuk berkunjung ke sini maka jam buka dari objek wisata ini yakni dari 08:00 sampai ke pukul 16.00 WIB, waktu ini sudah berlaku untuk kondisi new normal semasa pandemi.

flower Garden Malang
Batu flower Garden Malang @totok_arema89

Rute & Lokasi Batu Flower Garden

Nah, untuk menjangkau lokasi wisata ini tidak begitu sulit, alamatnya berada di Oro-Oro Ombo, Kehutanan Kota Batu. Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi selama satu jam, dengan jarak tempuh kurang lebih 20 km dari Kota Malang.

Sedangkan jika dari Pusat Kota Batu, waktu yang dibutuhkan tak lebih dari 20 menit dengan jarak tempuh 6 km menggunakan kendaraan bermotor.

Alternatif jalan yang disarankan dengan melewati Jalan Lingkar Barat menuju Coban Rais, dan tersedia banyak petunjuk selama perjalanan, jadi Anda tidak perlu khawatir dalam perjalanan.

Bisa juga melalui Jl TVRI di Desa Oro-Oro Ombo dan ikuti jalan beraspal menuju Coban Rais. Jika sampai ke gerbang utama Coban Rais, Anda harus berjalan kaki untuk menaiki puncak.

Jalur terakhir tidak bisa menggunakan roda empat, dan harus berjalan setidaknya 1 km atau menggunakan ojek yang berada di sekitar kawasan.

Lokasi wisata ini dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya, sehingga memungkinkan Anda mengunjungi lebih dari satu tempat wisata dalam sekali perjalanan.

Wisata Batu flower Garden
Wisata Batu flower Garden @eka_rzq

Wisata & Wahana Batu Flower Garden

Batu Flower Garden memiliki dua bagian lokasi yang bisa didatangi yakni kebun bunga dan air terjun. Sedangkan letak kebun bunga berada di atas bukit bulu.

Karenanya, pengunjung harus berjalan setidaknya 300 m untuk tiba. Sementara untuk air terjun memakan waktu lebih lama yakni sejauh 3 km.

Lelah berjalan kaki tentunya akan terbayar dengan panorama indah, alami dan asri. Selain itu, ada juga beberapa wahana yang bisa Anda dan keluarga gunakan loh.

  • Gardu Pandang

Tersedia banyak gardu pandang yang bisa membantu pengunjung melihat pemandangan dari ketinggian, sembari mengambil gambar tentunya. Pemandangan Kota Batu akan terlihat jelas di sini.

Salah satu yang paling terkenal adalah gardu bertulis I Love U yang kerap digunakan sebagai latar foto pasangan. Namun jika pengunjung ramai, Anda harus lebih sabar mengantri.

Untuk mengambil gambar, pengelola juga menyediakan jasa fotografer dengan biaya sebesar Rp 10.000, bisa dengan kamera pengelola atau kamera pribadi.

  • Ayunan Ekstrim

Dua jenis ayunan juga merupakan wahana menarik lain di sini yang tentunya akan memacu adrenalin Anda. Ayunan pertama cukup ekstrim, karena pengunjung akan melayang di atas jurang dengan ketinggian 50 meter.

Meski terkesan menyeramkan, peminatnya cukup banyak dengan keamanan yang terjamin. Anda juga bisa mengambil gambar saat berada di atas ayunan dengan membayar Rp 10.000 sekali naik.

Ayunan untuk anak turut disediakan dengan menyesuaikan tinggi yang lebih aman. Anda bisa memotret dengan latar belakang pepohonan hijau dan panorama puncak.

  • Hammock Susun

Tren foto di atas hammock juga dimanfaatkan pengelola Batu Flower Garden sebagai salah satu wahana menarik. Ada beberapa model yang bisa Anda pilih.

Beberapa disusun bertingkat untuk hasil gambar Instagenic. Wahana ini, bisa digunakan beramai-ramai dengan rekan atau keluarga.

Pemasangan yang cukup aman dengan beragam warna membuat hasil potret Anda akan terlihat lebih cerah. Tersedia juga untuk anak-anak dengan ukuran berbeda.

Jika hanya sekadar istirahat, pengelola juga menyediakan hammock di beberapa sisi taman bagi pengunjung. Wahana ini dikenakan tarif sewa sebesar Rp 15.000 hingga Rp 20.000

Hammock
Gambar Hammock @shilvia_69
  • Sky Bike

Senang dengan wahana yang menguji adrenalin? Maka sky bike patut Anda coba. Di sini, Anda diharuskan menaiki sepeda yang ditaruh di atas sling baja sembari menikmati pemandangan dari ketinggian.

Taman bunga, bukit dan pepohonan hijau menjadi pemandangan yang bisa dinikmati. Jangan lupa juga mengambil gambar untuk kenang-kenangan yah.

  • Balon Udara

Wahana lain yang juga populer adalah balon udara. Sebagaimana namanya, wahana ini berbentuk balon besar dengan penopang penumpang di bawahnya.

Meski hanya replika dan tidak benar-benar terbang, Anda bisa menggunakannya untuk berfoto dengan mengambil sudut yang tepat agar terlihat nyata.

Selain kelima sarana di atas, terdapat puluhan wahana lain macam Tree Top, Eskimo, Climbing, ATV Mini, hingga Kursi Terbang dengan tarif yang berbeda.

Untuk menggunakan seluruh wahana, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan yang berbeda pada setiap penggunaannya, di luar tiket masuk yang tersedia.

Spot Foto
Spot I Love U BFG @batuflowergarden.cobanrais

Harga Tiket Masuk (HTM) Terbaru

Biaya masuk destinasi wisata ini sebesar Rp 25.000, dan menggunakannya untuk mengunjungi seluruh area taman sepanjang hari.

Khusus biaya parkir sendiri dikenakan biaya Rp 2.500 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Kisaran harga setiap wahana mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 65.000 tergantung fasilitas yang tersedia.

Fasilitas apa saja yang dapat kamu temukan di sini?

Guna memberi kenyamanan bagi pengunjung, pengelola menyediakan sederet fasilitas yang nyaman macam mushola, toilet dan area parkir yang luas.

Fasilitas
MushollaAda
Toilet / Kamar MandiAda
Warung MakanAda
Parkir MobilLuas
Parkir MotorLuas
Jalan Menuju LokasiBagus
Gambar BFG
I Love U BFG

Selain itu terdapat banyak kios juga cafe yang menyediakan beragam makanan yang patut Anda coba. Jika ingin menikmati banyak objek wisata di Kota Batu, jangan ragu menyewa Penginapan dekat Flower Garden Batu.

Terdapat puluhan penginapan yang bisa menjadi rekomendasi. Harganya pun berbeda tergantung fasilitas penginapan yang disediakan.

Anda bisa memasukkan estimasi penginapan mulai dari harga Rp 70.000 hingga Rp 1 juta per malam, tergantung kebutuhan dan kapasitas.

Review Batu Garden Flower adalah satu destinasi wisata bunga terbaik di sekitar wilayah Malang. Sekadar menikmati pemandangan dan udara sejuk, atau mengabadikan momen dengan orang tercinta akan menjadi pengalaman mengesankan

Leave a Comment