Ayana Gedongsongo

Menjadi kota terbesar di Jawa Tengah, tak heran jika Semarang, Jawa Tengah punya sederet destinasi wisata yang menjanjikan. Wisata alam hingga sejarah, setiap destinasi tersebut punya daya tarik yang variatif, unik juga menarik yang layak masuk dalam daftar kunjungan.

Salah satu yang paling dikenal adalah Ayana Gedongsongo Semarang, lokasi wisata yang menyajikan konsep berbeda bagi para pelancong.

Memadukan wisata alam serta rekreasi dengan desain unik yang beragam. Gedong Songo Ayana merupakan satu dari tempat rekreasi favorit bagi keluarga.

Nah, bagi Anda yang belum menentukan pilihan liburan akhir pekan ini, baiknya membaca ulasan wisata Ayana Gedong Songo berikut ini untuk dipertimbangkan.

Informasi

AlamatCandi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614
Jam Buka08.00 – 17.00 WIB
Telp081327699654
MapsKlik Disini
Gedong Songo Ayana
Gedong Songo Ayana. Foto: @ephework⁣⁣

Wisata Ayana Gedongsongo

Mengusung konsep alam modern, tempat rekreasi ini sebenarnya terbilang baru dan resmi dibuka tanggal 11 Juni 2019 lalu. Dinamai demikian, lantaran berada di kawasan sejarah Candi Gedong Songo, Semarang.

Lokasi strategis ini juga yang membuat Ayana Gedongsongo dengan cepat menarik minat banyak pengunjung. Banyak wisatawan yang memang mencari tempat wisata yang mudah untuk dijangkau.

Berada di dataran tinggi dengan panorama bukit yang sejuk, destinasi wisata ini tentu cocok bagi Anda yang penat dengan bisingnya kota. Selain itu, banyak pula spot foto unik yang Instagramable untuk sekedar berbagi momen dengan keluarga dan orang terdekat.

Meski baru, Ayana Gedongsongo selalu dipenuhi pengunjung terutama pada akhir pekan. Udara yang asri, panorama hijau juga tempat bersantai yang nyaman membuat tempat ini dengan mudah dicintai pengunjung.

Alamat dan Lokasi

Jalur menuju lokasi ini tidak sulit, terlebih bagi pengendara roda empat atau roda dua. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar satu jam dari Pusat Kota Semarang dengan transportasi ke kawasan wisata, melewati Jalan Semarang.

Bagi pengendara roda empat, akan lebih efisien melewati Tol Tembalang dengan jarak tempuh sekitar 44 km.

Kawasan wisata berada dalam area Candi Gedong Songo sekitar 150 meter dari jalur masuk. Alamat lengkap berada di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kota Semarang Jawa Tengah.

Jika sulit menemukan alamat, cukup menyesuaikan dimana Candi Gedongsongo berada, sebagai patokan dalam perjalanan.

Salah Satu Spot Foto
Salah Satu Spot Foto. @explore.semarang

Harga Tiket Masuk dan Jam buka

Harga tiket masuk di kawasan ini relatif murah dan terjangkau bahkan untuk kalangan pelajar. Tiket masuk dikenakan Rp 25.000 untuk dewasa, sama dengan hari libur nasional sementara anak-anak kurang dari dua tahun dikenakan Rp 10.000. Jika ingin memasuki area spot foto, Anda cukup membayar HTM sebesar Rp 5.000.

Kendati demikian, harga bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan terutama pada liburan panjang macam lebaran atau natal dan tahun batu. Jika ingin memastikan, Anda bisa menghubungi langsung pengelola wisata di jam kerja.

Jangan khawatir perihal jam operasional, karena Ayana Gedong Songo buka dari pagi hingga sore, tepatnya jam pukul 08.00- 17.00 WIB.

Daya Tarik Ayana Gedongsongo

Lokasi rekreasi ini pada dasarnya fokus untuk memfasilitasi pengunjungnya mengambil gambar dengan latar berbeda. Terdapat banyak spot foto dengan properti pendukung yang lucu dan menarik. Setidaknya lebih dari 35 lokasi foto berbeda yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Kami memberikan beberapa rekomendasi spot foto terbaik macam cozy room, bubble tent, balon udara dan beberapa lainnya di bawah ini yang bisa Anda coba.

  • Balon Udara

Salah satu spot foto yang paling digemari adalah balon udara yang menjulang dengan pelbagai ukuran mulai dari kecil, standar hingga yang besar. Tentu tak serupa balon udara yang benar-benar terbang, hanya replika sederhana yang dibentuk sesuai pola.

Latar gunung yang berada tepat di belakangnya bisa mencipta hasil potret menawan, seolah Anda benar-benar berada di dalam balon udara yang melayang.

Terlebih dengan warna balon udara yang mencolok serta pemandangan Ungaran dan Danau Rawapening yang tampak dari ketinggian.

  • Bubble Tent

Bubble Tent
Bubble Tent

Wahana foto berikutnya adalah Bubble Tent yang cukup jarang ditemui di arena wisata lainnya. Bubble Tent adalah ruangan berbentuk balon transparan yang memungkinkan pengunjung masuk di dalamnya, ada beragam properti sebagai pelengkap macam bantal boneka, hingga bola-bola.

Sudut pandang gambar terbaik dari wahana ini adalah memotret dari luar dengan latar gunung dan pepohonan hijau. Bubble Tent juga bisa menjadi rekomendasi menarik bagi Anda dengan pasangan saat pre wedding.

  • Hammock

Spot foto hammock juga tak bisa ketinggalan kala Anda menyambangi Ayana Gedong Songo. Selain sebagai ajang narsis, wahana hammock juga ditujukan agar pengunjung bisa istirahat sebentar sembari menikmati pemandangan lebih dengan lebih santai.

Hammock dengan warna mencolok yang terpasang berjejer lebih baik diambil dari sudut belakang, dengan latar pemandangan dan pose yang ceria.

Meski begitu, kami sarankan agar tak duduk berlama-lama di satu spot foto karena bukan sebagai rest area, akan selalu ada pengunjung lain yang mengantri untuk spot foto serupa.

  • Tempat Duduk Beragam Bentuk

Jika mendengar tempat duduk, mungkin Anda merasa tidak cukup tertarik dan hanya membayangkan kursi atau sofa panjang yang monoton.

Namun Taman Ayana justru membuatnya menjadi keren dan menarik untuk sebagai spot foto. Ada belasan tempat duduk dengan bentuk dan kombinasi warna menarik.

Sebut saja kursi berbentuk lingkaran di atas kolam, kursi ayunan serta ragam model unik lainnya. Sangat menarik untuk berfoto bersama orang terdekat di wahana ini, terlebih saat matahari akan terbenam.

Wisata Ayana Gedong Songo
Wisata Ayana Gedong Songo
  • Kursi Panjang di Tengah Kolam

Wahana yang juga menjadi favorit banyak pelancong adalah kursi panjang dengan kolam yang mengitarinya. Umumnya berbentuk melingkar, dengan bantalan empuk yang nyaman. Jangan khawatir basah terkena air, karena wahana ini dibangun berjarak dari tempat sandaran.

Konsep ruang santai di tengah kolam memang belakangan kian digandrungi, dan digunakan banyak pengelola penginapan termasuk hotel, juga pengelola wisata untuk memikat pengunjung. Spot foto ini juga kerap digunakan pasangan untuk berbagi momen romantis, juga favorit banyak anak-anak.

Sebagai arena wisata, terdapat banyak hotel dekat Ayana Gedongsongo yang bisa Anda pilih, terutama jika datang dari luar kota. Harga yang dibanderol pun mulai dari kisaran Rp 500.000 hingga jutaan ribu rupiah per malamnya.

Menyambangi Ayana Gedong Songo juga memungkinkan Anda melihat destinasi wisata selain alam, yakni candi sejarah di kawasan tersebut. Menikmati liburan sekaligus memberi edukasi bagi anak juga cocok bagi orang tua, atau guru yang ingin berlibur dengan konsep yang berbeda.

Nah bagaimana, tertarik mengunjungi Ayana Gedong Songo?.

Ada baiknya Anda menghindari akhir pekan jika ingin berlibur dengan lebih tenang, jika memungkinkan.

Ledakan pengunjung juga mungkin akan membuat Anda tidak cukup leluasa mengambil foto yang diinginkan. Pun, tetap mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi saat ini.

Leave a Comment