Alun-Alun Batu

Ingin berlibur di Malang tapi dengan biaya murah? Kota Batu tampaknya bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menyajikan lingkungan asri yang sejuk, pelbagai wahana juga tersaji bagi para pelancong.

Tak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang besar, menyambangi kawasan ini, Anda bisa sangat berhemat karena biaya yang terjangkau.

Alun-Alun Kota Batu misalnya, untuk menikmati area ini Anda hanya perlu mengeluarkan tarif parkir sebesar Rp 2.000. Tapi, jangan membayangkan wilayah padat dengan lapangan kosong yang membosankan yah.

Informasi

AlamatAlun – Alun Kota Wisata Batu, Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Jam Buka24 jam
Telp
MapsKlik Disini
bianglala kota batu malang
Bianglala Alun alun @asriwwi
Baca Juga: Batu Flower Garden, Wisata Bunga yang Eksotis

Pemerintah daerah Kota Batu sendiri telah menyulap kawasan ini menjadi tempat berkumpul sekaligus tempat wisata, liburan dan melepas penat bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Fasilitas pendukung semisal playground bagi anak, air mancur, serta bangunan macam toilet atau ruang informasi yang dibangun berbentuk buah.

Satu yang paling iconic adalah bianglala berukuran besar di tengah alun-alun. Berlibur di sini tak akan membosankan baik itu pagi hari, siang hari terlebih malam hari dengan lampu hias.

Kota Batu bahkan menjadi satu-satunya daerah yang mendirikan bianglala pada alun-alun kota. Memiliki 17 kabin yang didirikan permanen, memungkinkan pengunjung mengambil gambar dan melihat kota dari ketinggian.

Untuk masuk ke kawasan ini gratis, tapi jika ingin menggunakan bianglala akan dikenakan tarif Rp 3.000. Biaya yang sangat murah untuk bisa menikmati panorama indah bersama jejeran gunung.

Tak seperti sekarang, kawasan ini punya sejarah yang cukup unik. Wajah Alun-Alun Batu dulu merupakan pasar besar yang kemudian terbakar hebat di era 70-an.

Batu bahkan sempat tidak memiliki alun-alun sebagai sentra berkumpul masyarakat. Barulah setelah kebakaran dan kawasan tak terurus, pemerintah memutuskan pembangunan.

Tak seperti sekarang, renovasi besar-besaran baru dilakukan pada 2010 dan resmi dibuka pada 2011 untuk masyarakat.

gambar alun alun batu
Gambar Alun alun Kota Wisata Malang @shin.diary

Rute dan Lokasi Alun-Alun Batu

Alamat Alun-alun Kota Batu berada tepat di Jl. Diponegoro, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Rutenya sangat mudah dijangkau, jika dari Stasiun Malang gunakan kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum.

Untuk angkutan umum Anda bisa naik jurusan dengan kode AL dan ADL menuju Terminal Landung Sari, selanjutnya sambung ke Kota Batu dengan kode BL, BJL atau BTL.

Angkutan ini akan tepat mengantar Anda ke alun-alun kota. Nah, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi cukup mengikuti poros Jl. Tlogomas terus ke Jl. Patimura dengan waktu tempuh kurang lebih 30menit.

Jika datang saat weekend, Ada baiknya Anda menggunakan roda dua karena akses jalan yang sangat padat, terlebih lebar jalan yang tidak cukup besar.

Tempat Makan Enak Di Alun-Alun Batu

Tidak lengkap deh rasanya kalau berkunjung ke Alun-Alun kota Batu tetapi tidak menyantap ragam kuliner yang tersaji. Selain nikmat, harga yang tersedia juga cukup terjangkau.

Kudapan manis, asin, minuman atau makanan berat adalah sederet kuliner yang patut Anda coba. Puluhan jajanan kaki lima hingga cafe, bisa menjadi opsi untuk menikmati waktu santai di sini.

Dari bermacam pilihan kuliner, ada beberapa rekomendasi wisata kuliner yang bisa dicicipi seperti di bawah ini.

  • Ketan Susu

Salah satu kuliner paling diminati sekaligus khas adalah ketan susu di Pos Ketan Legenda 1967. Makanan legendaris ini tak perlu lagi diragukan kelezatannya.

Acap ramai diburu pengunjung bahkan hingga pukul 2 pagi, camilan tradisional ini memang cocok bagi Anda yang hanya ingin menikmati makanan ringan.

Harganya sangat pas di kantong pelajar dengan harga Rp 6.000 per porsi. Selain susu, ada beragam topping yang bisa dipilih seperti meses, durian, hingga yang asin seperti suwiran ayam.

foto kota wisata batu
Kota Wisata Batu @malangkotawisata
  • Satay Malaysia

Sate Malaysia adalah pilihan kuliner yang juga dengan mudah dapat ditemui di Alun-Alun Batu. Sebagaimana penyebutannya, sate ini memang khas berasal dari Negeri Jiran.

Tak seperti di Indonesia dengan bahan daging ayam, sapi atau kambing. Sate Malaysia terbuat dari seafood macam cumi-cumi, udang, bakso ikan, hingga kepiting.

Tersedianya susunan ala prasmanan membuat Anda bebas memilih sesuai selera. Varian ukurannya juga berbeda, mulai dari kecil hingga jumbo.

Karena ukuran variatif, jelas harga yang dipasang juga berbeda. Anda bisa membeli dengan kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu per tusuk, dengan tambahan sambal yang menggugah selera.

  • Sempol Ayam

Masih dari jajanan kaki lima, sempol ayam tampaknya tak bisa dilewatkan. Sempol ayam sendiri turut menjadi kuliner khas kawasan Malang yang unik namun sedap.

Sebagaimana namanya, makanan ini berbahan dasar ayam yang dicincang halus lalu dicampur tepung. Adonan kemudian dililit dengan tusuk sate dan digoreng.

Teksturnya yang kenyal dan gurih sangat cocok disantap sembari duduk di sisi alun-alun bersama orang-orang terdekat.

  • Sate Kelinci

Makanan satu ini mungkin cukup asing bagi banyak orang, terlebih bagi mereka yang gemar memelihara kelinci karena bentuknya yang lucu.

Di Kota Batu, hewan imut ini rupanya diolah menjadi makanan dan banyak dijajakan di sepanjang alun-alun kota. Sebagaimana sate biasanya, sate kelinci disantap dengan bumbu kacang dan lontong.

Teksturnya cukup lembut dan gurih, bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mencoba kuliner berbeda. Tapi, jangan membayangkan bentuk kelinci yah, mungkin Anda tak akan tega memakannya.

  • Susu Hangat

Meski terdengar biasa, menikmati segelas susu murni hangat rupanya menjadi pilihan banyak pelancong saat mengunjungi tempat ini.

Udara Kota Batu yang dingin akan membantu menaikkan suhu tubuh saat meminumnya. Tersedia banyak toko yang menyajikannya, satu yang paling terkenal adalah KUD Ganesha Batu.

Selain susu hangat, tersedia juga susu dingin dalam kemasan botolan yang bisa menjadi oleh-oleh. Bagi Anda yang tidak suka susu murni, baiknya mencoba susu beragam rasa yang juga tersaji.

Misal saja cokelat, melon hingga stroberi. Harganya juga variatif, mulai dari Rp 2.500 sampai Rp 27.000. Ada juga pilihan yoghurt kemasan bagi penggemar minuman sehat.

  • Bakso Malang

Melancong di daerah wisata dekat Malang tak akan lengkap tanpa mencoba makanan paling khas, yaitu bakso. Makanan ini sudah sejak dulu menjadi kuliner andalan dari daerah tersebut.

Karenanya, menyantap bakso malang harus masuk dalam daftar wisata kuliner Anda saat datang di sini. Ada puluhan pedagang bakso yang mangkal di jejeran pedagang kaki lima.

Meski hanya gerobak, rasa yang dijanjikan tentu nikmat dan berbeda dari bakso kebanyakan. Menyantap dengan sensasi pedas dari sambal akan menyempurnakan wisata kuliner Anda.

kota wisata malang
Kota Wisata Malang Foto@batuexplore

Fasilitas di Alun-Alun Batu

Sebagai salah satu sentra wisata Kota Batu, Alun-Alun Batu menyediakan banyak fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Sebut saja mushola, toilet di beberapa sudut alun-alun, dan area parkir yang luas.

Kendati demikian, parkir untuk roda empat lebih sedikit dari roda dua. Anda bisa menggunakan sepeda motor jika ingin memasuki kawasan tanpa pusing mencari lokasi parkir yang aman.

Penginapan murah dekat alun-alun beragam. Anda bisa memilih dengan kisaran harga mulai Rp 60.000 hingga Rp 800.000 per malam, tergantung fasilitas yang diinginkan.

Jejeran hotel dekat alun-alun punya banyak fasilitas yang kian membuat betah, seperti kolam renang, juga paket makan malam yang nyaman.

Alun-alun ini hanyalah satu dari beragam destinasi liburan Kota Batu. Daerah ini juga amat cocok bagi Backpacker yang gemar berjalan tanpa biaya besar

Leave a Comment